get app
inews
Aa Read Next : Ngopi Sambil Healing, Tiga Cafe di Dago Ini Bisa Jadi Solusinya

Diskar PB Kota Bandung Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Bencana saat Musim Hujan

Rabu, 05 Oktober 2022 | 14:10 WIB
header img
Diskar PB Kota Bandung mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana terutama banjir saat musim hujan. (Foto: Inews.id)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID -Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung meminta seluruh pihak untuk berupaya mencegah dan meminimalisasi dampak/potensi ancaman bencana seperti banjir dan gerakan tanah (longsor) saat musim hujan.

Kepala Diskar PB, Gun Gun Sumaryana bahkan telah melayangkan surat kepada para camat dan lurah untuk menyiapkan langkah-langkah dan upaya kesiapsiagaan di wilayahnya masing-masing.

"Mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan kebiasaan buruk/aktivitas yang dapat menimbulkan terjadinya bencana (membuang sampah sembarangan/menutup selokan pembuangan) dan melakukan upaya pencegahan dengan efisiensi dalam penggunaan air melalui penggunaan teknologi hemat air," katanya, Rabu (5/10/2022).

Selain itu, Ia juga mengimbau kepada para Camat dan Lurah juga diminta untuk mengambil langkah-langkah antisipasi potensi bencana banjir dan longsor. 

Seperti, membuat sumur resapan (biopori), menggalakan program tanam pohon dan penghijauan (reboisasi), menyiapkan dan menyosialisasikan tempat evakuasi yang aman dengan mempertimbangkan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

"Para Camat dan Lurah diminta agar dapat menyampaikan data-data jumlah RT/RW dan jiwa yang berpotensi terdampak banjir dan gerakan tanah (longsor) berdasarkan kejadian dalam rentang waktu satu tahun terakhir," ucapnya.

Gun Gun menambahkan, Diskar PB juga menyediakan saluran koordinasi penanganan darurat bencana. Jika terjadi bencana warga dapat menghubungi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Jl. Sukabumi No. 17, Emergency Call 113 atau (022) 7207113 dan (022) 7279027.(*)

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut