get app
inews
Aa Read Next : Berjasa bagi Negara, TNI AU Usulkan Soerjadi Soerjadarma Jadi Pahlawan Nasional

Ternyata, Usulan Pahlawan Nasional KH Ahmad Sanusi Sempat Ditolak Beberapa Kali

Kamis, 10 November 2022 | 15:03 WIB
header img
KH Ahmad Sanusi ditetapkan sebagai pahlawan nasional. (Foto: net)

SUKABUMI, INEWSBANDUNGRAYA - Tokoh ulama kharismatik asal Sukabumi, KH Ahmad Sanusi dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (7/11/2022). Namun ada cerita perjuangan cukup panjang sebelum Ahmad Sanusi ditetapkan sebagai pahlawan.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Menurutnya, usulan gelar pahlawan nasional kepada Ahmad Sanusi tidak semulus yang dibayangkan.

"Pengusulan ini sudah beberapa kali, dan beberapa kali ditolak," kata Fahmi di Pondok Pesantren Syamsul Ulum, Kota Sukabumi, Selasa (8/11/2022).

Di momen Hari Pahlawan 2022, Fahmi mengaku bahagia dengan dianugerahinya almarhum sebagai pahlawan nasional. Sebagai rasa bangga dan hormat, maka pihaknya berencana membuatkan museum KH Ahmad Sanusi.

"Museum (KH Ahmad Sanusi) itu rencana kami sudah beberapa tahun yang lalu," ujarnya.

Nantinya karya-karya anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) itu akan disimpan di musem yang dibangun. Mengingat karya-karya beliau setelah jadi pahlawan nasional bukan lagi menjadi peninggalan keluarga, lebih dari itu bagi umat dan warga masyarakat.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut