get app
inews
Aa Read Next : Pekan Depan Uji Coba, Pemprov Jabar Dorong TPPAS Lulut Nambo Segera Beroperasi

Produk SMKN 1 Cibinong Dilirik Industri Besar, Ada Indocement Hingga Komatsu

Senin, 14 November 2022 | 17:12 WIB
header img
Siswa SMKN 1 Cibinong tengah membuat produksi alat pembuat semen. Foto: Istimewa

BOGOR, INEWSBANDUNGRAYA - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cibinong Kabupaten Bogor sudah menunjukan taringnya di kalangan perusahaan industri. Pasalnya, SMKN yang berada di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah I Jawa Barat ini mampu memproduksi kebutuhan industri sejak beberapa tahun ke belakang.

Salah satu industri besar yang menjadi langganan SMKN 1 Cibinong adalah PT. Indocement Tunggal Prakarsa TBK. Setiap tahunnya ada produk yang dibeli oleh produsen semen ternama di Indonesia itu.

Hal itu terjadi setelah SMKN 1 Cibinong menyandang status Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada 2019 lalu. Sejauh ini ada tiga produk karya siswa SMKN 1 Cibinong yang digunakan untuk memproduksi semen. Ketiganya adalah V-hook Spiral, Filling Tube dan Casing Air Slide Aeration.

Kepala Cadisdik Wilayah I Jawa Barat, Nonong Winarni mengatakan, V-hook Spiral adalah alat habis pakai berupa angkur berbentuk “V” berbahan Stainless. Alat ini dihasilkan oleh siswa kelas XII pada kompetensi keahlian Teknik Pemesinan.

"Fungsinya untuk menahan batu tahan api pada proses pembuatan semen," kata Nonong.

Kemudian ada Filling Tube atau alat habis pakai berupa tabung pengisi ke kantung semen. Alat ini dihasilkan oleh siswa kelas XI pada kompetensi keahlian Teknik Pemesinan dalam mata pelajaran Teknik Fabrikasi Logam.

Sementara yang terakhir ada Casing Air Slide Aeration atau alat untuk menyaring semen. Alat tersebut diproduksi pada kompetensi keahlian Teknik Pemesinan dalam mata pelajaran Teknik fabrikasi Logam di kelas XII.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut