get app
inews
Aa Read Next : Bebas Kendaraan Setiap Akhir Pekan, Ini Dia Tiga Spot Tempat Wisata di Braga

Inilah 7 Spot Menakjubkan di Gunung Gede Pangrango, Yakin Nggak Tertarik?

Selasa, 22 November 2022 | 17:11 WIB
header img
Gunung Gede Pangrango. (Foto: Instagram @intan_andyni)

CIANJUR, INEWSBANDUNGRAYA - Gunung Gede Pangrango adalah salah tempat wisata yang terletak di Kabupaten Cianjur. Tempat wisata alam satu ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Meski terkenal sebagai tempat untuk pendakian, namun Gunung Gede Pangrango juga menawarkan berbagai spot wisata yang dijamin membuat takjub para pengunjungnya.

Lantas, apa saja spot-spot menarik yang ada di Gunung Gede Pangrango?

Berikut ini 7 spot menarik yang bisa Anda datangi saat mengunjungi Gunung Gede Pangrango, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Telaga Biru

Telaga Biru merupakan spot cantik pertama yang dijumpai para pendaki yang melewati jalur Cibodas. Lokasinya berada di tengah-tengah hutan dengan luas sekitar 5 hektare. Keunikan dari telaga ini adalah warnanya yang biru sempurna karena pengaruh dari jenis ganggang biru.

Namun tak hanya biru. Telaga ini juga sering berubah warna secara drastis, tergantung dari pertumbuhan alga yang ada di dalamnya. Airnya pun sangat jernih. Jika dilihat dari dekat, mata pendaki akan menangkap ikan-ikan kecil tengah bebas menyusuri telaga.

2. Surya Kencana

Alasan utama pendaki datang ke Gunung Gede Pangrango adalah Surya kencana. Area lapang dengan luas sekitar 50 hektare ini ditumbuhi bunga edelweiss. Oleh karenanya banyak sekali pendaki yang menyempatkan diri untuk mengabadikan momen bersama bunga yang menjadi simbol keabadian itu.

Jika ingin beristirahat sejenak di Surya Kencana pun bisa. Udara di sana sangat sejuk dan segar. Keindahan alamnya selalu sukses memanjakan mata. Tak jarang juga, pendaki akan membangun tenda di sekitar area tersebut dan bermalam.

Tentunya kalau sudah sampai di Surya Kencana, sayang jika melewatkan panorama sunrise, sunset, dan kerlip bintang yang akan menghiasi langit malam.

Lokasinya berada di ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut. Perlu menghabiskan waktu sekitar 6 hingga 7 jam melalui jalur Gunung Putri untuk sampai di tempat ini. Sementara jika dari Cibodas, pendaki harus melewati puncak Gede terlebih dahulu.

3. Tanjakan Setan

Namanya mungkin akan membuat bulu kuduk merinding. Tapi, jalan ini diberi nama Tanjakan Setan bukan karena memiliki aura mistis yang kental, kok! Tanjakan Setan merupakan jalur menanjak yang punya kemiringan cukup ekstrem sehingga cukup sulit untuk dilewati.

Gunung Gede Pangrango sebenarnya aman untuk didaki oleh para pendaki pemula. Tapi bukan berarti, jalurnya bisa diremehkan. Meskipun di Tanjakan Setan sudah tersedia tali untuk mempermudah proses pendakian, pengunjung harus tetap berhati-hati.

4. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum berada di ketinggian 1.625 meter di atas permukaan laut. Setelah menempuh kurang lebih satu jam perjalanan dari pintu masuk Cibodas, pengunjung akan menemukan primadona utama jalur pendakian. Banyak wisatawan yang rela datang ke Gunung Gede Pangrango hanya untuk singgah di air terjun ini.

Ketinggian air terjun hampir mencapai 50 meter. Di sana, pengunjung dapat bermain air atau sekadar berfoto-foto dengan latar air terjun yang megah itu. Pendaki acapkali memanfaatkan lokasi ini untuk beristirahat sejenak sambil mendengarkan gemuruh air terjun.

5. Pos Air Panas

Setelah lelah menaklukkan setengah bagian dari gunung, beristirahatlah sejenak di sebuah sumber mata air panas. Pada umumnya, pendaki yang melalui jalur Gunung Putri-Cibodas akan menjadikannya tempat untuk berendam dan meregangkan otot.

Untuk sampai ke lokasi, jalan yang harus dilalui agak menurun. Permukaan tanahnya licin dan panas. Jadi, pengunjung harus ekstra hati-hati dan memegang seutas tali yang sudah disediakan erat-erat. Terlebih di sisi kanan terdapat jurang yang lumayan dalam. Salah mengambil langkah sedikit, bisa-bisa Anda akan jatuh.

Air di tempat ini memiliki kandungan belerang. Pengunjung diharapkan tidak mengkonsumsinya untuk masalah kesehatan.

6. Kandang Badak

Berada di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut, terdapat pos yang sering dijadikan tempat beristirahat para pendaki sebelum melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Gede atau Gunung Pangrango. Lokasi ini merupakan daerah datar berbentuk tabel pelana yang menghubungkan dua gunung tersebut. Pendaki juga menjadikan tempat ini untuk berkemah karena limpahan air bersihnya

7. Puncak Gunung Gede

Tujuan utama pendakian selalunya puncak gunung. Pendaki yang ada di Gunung Gede Pangrango pun begitu. Di puncak Gunung Gede akan tampak keindahan Gunung Pangrango dan Gunung Salak.

Biasanya, pendaki mulai melanjutkan pendakian dari Kandang Badak atau Alun-Alun Surya Kencana ke puncak saat dini hari sekitar pukul 2 hingga 3 pagi. Waktu tersebut sangat pas karena mereka akan sampai tepat ketika matahari terbit. Ya, memang sungguh disayangkan jika mendaki tanpa menjadi saksi matahari terbit di puncaknya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut