get app
inews
Aa Read Next : Di Forum PBB, Ridwan Kamil Perkenalkan Toponimi dalam Manajemen Gempa Cianjur

IDC 83 Kirimkan Dua Truk Sembako dan Obat-obatan Bantu Korban Gempa Cianjur

Jum'at, 25 November 2022 | 12:51 WIB
header img
IDC 83 Kirimkan Dua Truk Sembako dan Obat-obatan Bantu Korban Gempa Cianjur. (Foto: Ist)

CIANJUR, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Isteri Divia Cita (IDC) 83 berempati terhadap musibah bencana alam gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) lalu.

Untuk meringankan beban para korban bencana gempa Cianjur, IDC 83 memberikan bantuan berupa dua truk makanan dan obat-obatan melalui Posko Bantuan Gempa Cianjur yang dikoordinir oleh BIN Daerah Jawa Barat (Binda Jabar) di jalan lintas Labuan-Cianjur, tepatnya di Desa Cijedil, Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Penyerahan bantuan tersebut langsung dikoordinir oleh Isteri Kepala Badan Intelijen Negara-BIN, Susi Budi Gunawan.

Adapun bantuan yang diberikan berupa beras 500 kg, mie instan 135 dus, bubur bayi instan 24 dus, susu 1.910 kaleng, biskuit 48 dus, obat-obatan, popok bayi 41 dus, air mineral 50 dus, pasta gigi 200 pcs, beras 500 kg.

Kabinda Jabar, Brigjen TNI Ruddy Prasemilsa Mahks mengatakan, bantuan akan diserahkan 1 truk kepada Kepala Desa Cijedil, Kecamatan Cegunang, Kabupaten Cianjur, Pudin yang wilayahnya terdampak gempa bumi terparah dari 16 kecamatan yang terdampak.

"Dan 1 truk lainnya akan digunakan untuk pelayanan bantuan makanan dan kesehatan di Posko bantuan BIN di De Cijedil, Kecamatan Cegunang, Kabupaten Cianjur," ucap Ruddy.

Jendral TNI Bintang Satu ini mengungkapkan, Tim Kemanusiaan BIN (Badan Intelijen Negara) telah mengirimkan bantuan bagi warga terdampak gempa Cianjur yang dikirimkan hingga menembus desa terpencil.

“Bantuan berupa paket makanan siap saji, peralatan anak-anak dan orang dewasa, serta bantuan keuangan kepada warga Kampung Burangkeng. Lokasi yang dikunjungi Tim Kemanusiaan BIN yakni Lokasi Kampung Burangkeng, RT 001/001, Desa Mangunkerta, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat," terang Ruddy.

Ruddy menambahkan, pihaknya membagikan bantuan kepada 99 kepala keluarga (KK) atau 300 pengungsi.

“Kami melaksanakan instruksi Kepala BIN, Bapak Jenderal Polisi Purnawirawan Budi Gunawan, agar kami bergerak cepat, memberikan yang terbaik bagi saudara-saudara kita yang mendapat musibah gempa ini,” tuturnya.

Kabinda Jabar mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait agar dapat memberikan bantuan kemanusian kepada desa-desa terdampak gempa yang terisolasi.

Dirinya berharap, para korban bencana bisa mendapatkan bantuan dari berbagai pihak.

“Kami akan terus berkomunikasi dengan stakeholder (pemangku kepentingan), dengan jajaran terkait untuk kiranya bisa memprioritaskan desa-desa yang belum terjamah bantuan. Kami harapkan saudara-saudara kita tersebut segera mendapatkan bantuan,” katanya.

Dalam menjalankan misi kemanusiaan ini, BIN telah mendirikan posko bantuan jalan lintas Labuan-Cianjur, tepatnya di Desa Cijedil, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sejak Senin (21/11/2022) atau bersamaan saat terjadinya gempa.

Di lokasi tersebut, Tim Kemanusiaan BIN menyalurkan bantuan logistik ke berbagai desa yang terdampak gempa Cianjur. Sementara di posko, tenda pengungsian mampu menampung 300 pengungsi dan tenda-tenda akan terus bertambah.

“Kali ini bertambah sudah ada 300 lebih pengungsi. Kemarin tim posko sudah mendirikan lagi tenda tambahan, sekarang sudah ada 6 tenda. Lima tenda diperuntukkan untuk pengungsi, satu tenda untuk pelayanan kesehatan,” tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut