get app
inews
Aa
Read Next : MUI Ingatkan Kontestan Pemilu Tak Gunakan Agama sebagai Candaan Politik

Di Inggris dan Wales, Kristen Bukan Lagi Jadi Agama Mayoritas

Kamis, 01 Desember 2022 | 20:59 WIB
header img
Ilustrasi agama. Foto: Freepik

LONDON, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Sensus Kantor Statistik Nasional pada 2021 menyatakan Kristen bukan lagi menjadi agama mayoritas di Inggris dan Wales. Tercatat hanya 46,2 persen orang Inggris sekarang mengidentifikasi sebagai Kristen.

Jika merujuk pada data 2011, Kristen di Inggris angkanya ada di kisaran 59,3 persen. Namun hanya dalam waktu 10 tuhun, angkanya sudah turun sekitar 13 persen.

Penganut Kristen di Wales dan Inggris dalam satu dekade terakhir menurun dari 33,3 juta menjadi 27,5 juta. Di saat yang sama, seluruh kelompok agama lain cenderung tumbuh pesat, apalagi kelompok tidak beragama alias atheis.

Sedangkan hanya 25,2% penduduk di sana yang mengaku tidak beragama pada  2011, fraksi itu sudah tumbuh menjadi 37,2% pada 2021 lalu, mewakili peningkatan sebesar 8,1 juta orang, begitu diwartakan RT.

Muslim merupakan kelompok dengan pertumbuhan terbesar berikutnya, melonjak dari 4,9% populasi menjadi 6,5%. Sedangkan fraksi penduduk Hindu meningkat dari 1,5% menjadi 1,7%, melampaui satu juta untuk pertama kalinya.

Orang Sikh, Budha, serta Yahudi semuanya melihat perningkatan yang lebih kecil, begitu pula mereka yang mencantumkan agama mereka sebagai "lain", meskipun lebih sedikit responden yang menolak untuk menjawab pada 2021 dibandingkan tahun 2011 (7,1% vs 6%).

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut