Logo Network
Network

Di Inggris dan Wales, Kristen Bukan Lagi Jadi Agama Mayoritas

Aqeela Zea
.
Kamis, 01 Desember 2022 | 20:59 WIB
Di Inggris dan Wales, Kristen Bukan Lagi Jadi Agama Mayoritas
Ilustrasi agama. Foto: Freepik

Beberapa melihat pergeseran demografis tersebut sebagai tanda kemajuan serta mendesak pemerintah untuk mencoba mengikutinya.

"Status quo saat ini, di mana Gereja Inggris tertanam kuat di negara bagian Inggris, tidak adil dan tidak demokratis - dan terlihat semakin absurd dan tidak berkelanjutan," ujar CEO National Secular Society Stephen Evans kepada The Guardian.

Namun beberapa pemimpin Kristen mengartikan penurunan popularitas mereka sebagai tanda bahwa mereka hanya perlu bekerja lebih keras. Uskup Agung York Stephen Cottrell mengatakan sensus tersebut “memberikan tantangan kepada kita tidak hanya untuk percaya bahwa Tuhan akan membangun kerajaannya di Bumi tetapi juga untuk memainkan peran kita dalam membuat Kristus dikenal.”

Sementara sebagian besar - 81,7% - penduduk Inggris dan Wales diidentifikasi sebagai "kulit putih" pada sensus 2021, angka tersebut juga telah menurun selama dekade terakhir, turun dari 86% pada 2011.

Kelompok terbesar berikutnya, Asia Inggris, melihat representasinya meningkat dari 7,5% menjadi 9,3%, sedangkan mereka yang mengidentifikasi sebagai beberapa bentuk kulit hitam atau Afrika meningkat dari 1,8% menjadi 2,5%.

Etnis minoritas sebagian besar tetap terkonsentrasi di kota-kota, yang terdiri lebih dari separuh populasi Leicester, Luton, dan Birmingham dan hanya di bawah dua pertiga penduduk London.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini