Logo Network
Network

Pamerkan Ragam Potensi Siswa, Disdik Jabar Gelar Explore SMK Jabar Juara 2022

Pramoedya
.
Rabu, 14 Desember 2022 | 00:59 WIB
Pamerkan Ragam Potensi Siswa, Disdik Jabar Gelar Explore SMK Jabar Juara 2022
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat bakal menggelar Explore SMK Jabar Juara 2022, di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, pada 15 hingga 17 Desember 2022. Dengan mengusung tajuk "Eksplorasi Dalam Kreasi dan Inovasi" kegiatan ini menjadi etalase ragam potensi SMK di Jawa Barat.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, melalui Explore SMK Jabar Juara 2022 pihaknya ingin menunjukan bahwa SMK di Jabar menyimpan potensi besar, terutama mengenai produk unggulan. 

"Saat ini sudah saatnya potensi dari SMK Jabar ini diperlihatkan kepada umum, khususnya mengenai kemampuan dalam memproduksi produk yang dibutuhkan oleh masyarakat," ujar Dedi Supandi, Selasa (13/12/2022).

Menurut Dedi Supandi, dari 2.898 SMK Jabar sebanyak 270 diantaranya merupakan SMK Pusat Keunggulan (PK) dan tersebar di 27 Kabupaten Kota. Adapun terkait keahlian, yaitu akuntansi, administrasi perkantoran, desain Grafis atau multimedia, farmasi, keperawatan, kimia analisis, logistik, manajamen Bisnis, pelayaran, perhotelan, perbankan dan keuangan syariah, rekayasa Perangkat lunak, tata boga, tata busana, tata rias dan kecantikan, teknik komputer jaringan, teknik kendaraan ringan, teknik elektronika industri, teknik gambar bangunan, hingga usaha perjalanan wisata. 

"Di acara Explore SMK Jabar Juara tahun ini akan ada 130 both yang di antaranya menampilkan berbagai produk hasil kreativitas dan inovasi siswa/i. Rinciannya, sebanyak 57 both kategori teknologi, 14 pertanian, 27 hospitaly, 30 ekraf, 2 kelautan dan 7 industri," kata Dedi.

Tidak hanya itu, dalam upaya mewujudkan semangat SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Juara, Disdik Jabar berkolaborasi dengan sejumlah pihak, seperti Perguruan Tinggi, perbankan, industri, pengusaha hingga komunitas. Bahkan beberapa di antaranya skala internasional. 

Dalam gelaran ini, dihadiri pula oleh Perguruan Tinggi Pendamping di antaranya Seameo, Polindra, Akademi Tata Boga Bandung, ITB dan IPB. Termasuk juga dengan sejumlah industri di antaranya PT Samsung, PT LSKK, PT Skyline Semesta dan Telkomsel.

"Dengan kolaborasi dan inovasi bersama berbagai pihak ini diharapkan ke depan SMK Jabar benar benar bisa go internasional. Namun yang lebih penting lagi, siswa/i SMK ini tidak hanya bicara mencari pekerjaan setelah lulus nanti. Siswa/i justru harus terus didukung agar suatu saat dapat membuka lapangan kerja sendiri," katanya. 

Agar lebih mengoptimalkan potensi SMK Jabar sehingga kian memiliki daya saing, pada kegiatan ini juga dilakukan dua Perjanjian Kerjasama, yaitu dengan PT Electronic Science Indonesia tentang Peningkatan Kualitas Pendidikan Vokasi Melalui Program Bca Cash Management Academy. 

Termasuk juga dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk tentang Pemanfaatan Aplikasi BJB Disentra sebagai Media Belajar Kewirausahaan dan Literasi Perbankan pada SMK di Provinsi Jawa Barat.

"Explore SMK Jabar Juara 2022 juga akan diisi oleh sejumlah pertunjukan seni dari siswa SMK. Dan juga talkshow oleh stakeholder-stakeholder terkait," pungkasnya. 

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini