get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Berjibaku 'Perang' Lawan Sampah, Ridwan Kamil Ajak Warga Hadiahi Pandawara Group

Rabu, 04 Januari 2023 | 09:15 WIB
header img
Aksi Pandawara Group membersihkan sampah di sungai diacungi jempol Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Foto: Instagram/@pandawagroup

Emil lantas memperkenalkan Pandawara Group kepada warga Jabar lewat Instagramnya. Menurut Emil, aksi lima pemuda yang diketahui asli Kopo, masih wilayah Bandung, patut untuk ditiru.

Sebab di seusianya, Pandawara Group lebih memilih terjun langsung ke lapangan dibanding hanya berkutat memberikan komentar tanpa aksi.

"Inilah 5 anak muda Gen Z, anak Korea (Kopo Area) Bandung yang ganteng bersih rapih, tapi dengan semangat baja, gak takut kotor, turun membersihkan lingkungannya," beber Emil.

Bagi Emil, ada empat golongan dalam urusan kebersihan. Pertama, tukang nyampah dimana saja dirinya berada; kedua, tukang cuek yang tidak peduli; ketiga, tukang komplen dan marah-marah menyalahkan pemerintah; dan keempat atau terakhir, tukang cari solusi seperti Pandawara Group.

"Semoga semua mulai naik kelas ke golongan 4. Mari bikin komunitas seperti ini @karangtarunajabar.id @jabarknpi di lingkungan kita masing-masing," kata Emil sambil mengajak Karang Taruna Jabar dan KNPI Jabar membuat aksi serupa.

Emil berharap, Jabar makin bersih, rapih dan ramah lingkungannya pada 2023 ini. Tak hanya itu, mantan Wali Kota Bandung ini juga menanyakan hadiah apa yang pantas dia berikan kepada Pandawara Group.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut