get app
inews
Aa Read Next : Perawat RS Santosa Ditemukan Tewas Tergantung di Kontrakan Gemparkan Warga Bandung

Bahaya Nitrogen Cair di Chiki Ngebul, Lagi Geger di Jabar

Jum'at, 06 Januari 2023 | 19:49 WIB
header img
Ilustrasi Chiki Ngebul yang tengah heboh di Jabar. Foto/Instagram @gie_gito

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Orang tua harus awas dengan anak-anaknya yang mengonsumi jajanan Chiki berasap Nitrogen (Chiki Ngebul). Sebab ada bahaya mengintai dari nitrogen cair yang ada di dalamnya.

Baru-baru ini Jawa Barat (Jabar) tengah digegerkan dengan kasus Chiki Ngebul. Pasalnya, setelah mengonsumi jajanan tersebut terjadi keracunan pada sang anak.

Peristiwa tersebut terjadi di SDN 2 Ciawang, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jabar, pada akhir November 2022 lalu. Tercatat ada tujuh murid yang mengalami keracunan usai mengonsumsi jajanan tersebut.

Melihat hal itu, surat edaran dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengimbau pada seluruh Dinas Kesehatan (Dinkes) baik di provinsi, kabupaten/kota sampai rumah sakit supaya segera melaporkan apabila ada temuan kasus keracunan Chiki berasap nitrogen.

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenkes Nomor SR.01.07/III.5/154/2023 perihal 'Pelaporan Peningkatan Kasus dalam Penggunaan Nitrogen Cair pada Makanan.'

Jajanan Chiki Ngebul sebetulnya bukan hal baru di Tanah Air. Dulu jajanan ini dikenal dengan sebutan ‘Ice Smoke’ dan ‘Napas Naga’ karena uap dari Nitrogen Cair yang dihasilkan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut