get app
inews
Aa
Read Next : Cermati Banyaknya Perkeliruan dalam Pemilu 2024, Iwan Setiawan Soroti Benda Ajaib Sirekap

Bawaslu Kota Bandung, Pemilu 2024 Masih Rawan Praktik Uang hingga SARA

Senin, 09 Januari 2023 | 17:10 WIB
header img
Koordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Kota Bandung Farhatun Fauziyah. (Foto:Istimewa).

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Bawaslu Kota Bandung memperkirakan praktik curang seperti politik uang masih marak pada pemilu serentak 2024. Selain, Money Politik, praktik curang seperti kebencian dan politisasi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) juga masih jadi sorotan Bawaslu.

Koordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Kota Bandung, Farhatun Fauziyah mengatakan, pencegahan dilakukan dengan mengedukasi masyarakat, termasuk mengimbau partai politik (Parpol) terkait pelanggaran Pemilu.

"Money politic ini bisa jadi sebuah malapetaka besar di lima tahun ke depan apabila kita tidak mengindahkan bahwa money politic adalah sesuatu yang terlarang dalam pelaksanaan pemilu,"katanya, Senin (9/1/2023).

Menurutnya, politik uang perlu menjadi konsentrasi karena 2023 diproyeksi terjadi resesi global. Ia menyebut, politik uang yang diterima justru akan memperburuk resesi dan mempersulit kondisi masyarakat penerima.

Pencegahan perlu dilakukan agar publik tidak mudah diiming-imingi politik uang saat kampanye. Artinya, fungsi edukasi dan sosialisasi guna meminimalkan potensi pelanggaran menjadi sangat penting.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk pintar memilah dan memilih kontestan peserta Pemilu. "Jangan karena uang yang tidak seberapa, masyarakat justru mengalami kerugian karena salah menentukan pilihan," tandasnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut