Incar Kursi Cawapres, Pengamat: RK Nggak Boleh Manuver Aneh-aneh di Golkar

Aqeela Zea
.
Rabu, 25 Januari 2023 | 10:45 WIB
Ridwan Kamil saat diberikan KTA oleh Ketua Umum Golkar, Airlangga hartarto. Foto: Twitter/@golkar_id

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Ridwan Kamil diyakini masih mengincar posisi cawapres dengan memilih Golkar sebagai partai politik pilihannya. Hanya saja ada sejumlah syarat yang harus dilakukan orang nomor satu di Jawa Barat ini.

Pengamat politik dari Unpad, Muradi mengatakan, Ridwan Kamil dalam sejumlah survei posisinya ada di urutan keempat atau kelima. Artinya masih ada peluang untuk bisa mengincar kursi nomor dua di republik ini.

"Sebagai kader yang baik dia (RK) nggak boleh manuver aneh-aneh. Bekerja dengan baik dan komunikasi dengan elit-elit politik yang beretika," saran Muradi saat dihubungi, Rabu (25/1/2023).

Menurut Muradi, Gubernur Jabar ini harus ikut aturan main yang ada di Golkar. Setelah masuk partai berlambang pohon beringin tersebut, RK tidak lagi menjadi manusia bebas seperti dulu sebelum berpartai.

"Sandi (Uno) kemaren ditegur, karena dia masih kader Gerindra. Nggak boleh kemana-mana sendirian atas nama pribadi, karena dia elite atau figur dari Gerindra," contoh Muradi.

Selanjutnya, kata Muradi, RK harus fokus menyelesaikan pekerjaannya sebagai Gubernur Jabar hingga masa jabatannya tuntas. Terakhir, RK baru bisa bicara peluang maju di level nasional setelah tidak lagi menjadi pimpin warga Jabar.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini