Logo Network
Network

Ganjar-Ridwan Kamil Diduetkan, Prabowo Kelabakan di Jawa Barat

Aqeela Zea
.
Kamis, 26 Januari 2023 | 22:59 WIB
Ganjar-Ridwan Kamil Diduetkan, Prabowo Kelabakan di Jawa Barat
Duet Ridwan Kamil dan Ganjar akan membuat Prabowo sulit di Jabar. Foto: Istimewa

JAKARTA, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Ridwan Kamil akan jadi momok yang menyulitkan Prabowo Subianto di Jawa Barat pada Pilpres 2024. Ini terjadi bila Ganjar Pranowo diduetkan dengan Ridwan Kamil di pilpres mendatang.

Pendiri SMRC, Saiful Mujani mengatakan, Ridwan Kamil memiliki nilai politik di Jawa Barat. Dalam persaingan pilpres, nama Gubernur Jabar ini masuk tiga besar.

Berdasarkan survei SMRC pada Desember 2022, Anies Baswedan berada di urutan pertama dengan perolehan 22,5 persen, disusul Prabowo Subianto 20,8 persen, Ridwan Kamil 20,2 persen dan Ganjar 16,1 persen.

"Jika Ridwan Kamil, misalnya, berkampanye untuk tokoh lain di luar Prabowo dan Anies, hal itu potensial menggerus suara dua tokoh tersebut," kata Saiful dalam keterangannya, Rabu (26/1/2023).

Kemudian, jika mantan Wali Kota Bandung itu mendampingi Ganjar, maka pasangan tersebut tinggal memaksimalkan dukungan dari daerah lain.

Menurut Saiful, Jabar yang awalnya dimenangkan secara mutlak oleh Prabowo, tidak akan terjadi seperti itu lagi. Hal itu bisa terjadi jika Ridwan Kamil maju sebagai cawapres maupun menjadi vote-getter untuk mendukung calon presiden selain Prabowo dan Anies.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini