Logo Network
Network

Sahrul Gunawan: Perhitungan Biaya Haji Naik Masuk Akal

Aqeela Zea
.
Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:09 WIB
Sahrul Gunawan: Perhitungan Biaya Haji Naik Masuk Akal
Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan setuju biaya haji naik. Foto: Instagram/@sahrulgunawanofficial

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan mengutarakan pendapatnya soal usulan kenaikan biaya haji. Terlebih wakil Dadang Supriatna ini memang berkecimpung dalam bisnis travel umrah.

Sahru Gunawan mengaku, dirinya setuju terkait usulan kenaikan biaya haji yang mencapai Rp69,1 juta. Padahal biaya haji tahun sebelumnya berada di kisaran Rp39,8 juta.

Menurut Sahrul, biaya perjalanan haji memang cukup mahal, apalagi setelah dihitung ulang. Dengan demikian tidak memungkinkan biaya haji dengan angka Rp39 juta, ditambah harga tiket pesawat yang lumayan.

"Tapi sebetulnya kalau kita kalkulasi dari perjalanan ibadahnya, fasilitas yang diberikan sudah bagus, kayaknya memang enggak mungkin kalau sampai Rp39 juta. Kalau haji range-nya beda, tapi katakanlah Rp30 juta, nah emang bisa mengcover Rp10 juta untuk seluruhnya belum lagi dapat uang saku," kata Sahrul, Jumat (27/1/2023).

Walaupun hanya berkecimpung di urusan haji ONH plus, Sahrul menyebut, perhitungan akan masuk apabila setelah adanya subsidi. Namun Sahrul kurang mengetahui secara detail berapa nilai subsidi dari BPKH.

"Tapi saya kira perlu diberikan gambaran masyarakat (tentang biaya asli haji)" ujarnya.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini