Logo Network
Network

Kucuran Duit Perbaikan Jalan di Jabar Seret, Program 'Jamu' Sulit Ditepati

Aqeela Zea
.
Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:08 WIB
Kucuran Duit Perbaikan Jalan di Jabar Seret, Program 'Jamu' Sulit Ditepati
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat meninjau pembangunan jalan. (Foto: Ist)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Kucuran APBD untuk Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat yang menurun mendapat kritikan. Sebab ini berdampak terhadap perbaikan jalan yang masuk dalam janji politik.

Salah satu janji politik Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum itu adalah Jalan Mulus (Jamu). Di mana targetnya tidak ada jalan yang rusak di Jabar.

Akan tetapi, janji politik tersebut nampaknya sulit untuk ditepati. Sebab di tahun terakhir Ridwan-Uu menjabat, APBD untuk DBMPR Jabar pada 2023 hanya Rp1,1 triliun, turun dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,3 triliun.

"Betul ada penurunan anggaran dibandingkan dengan tahun 2022. Jadi memang kita memahami kondisi ini. Terlebih, pada 2024 akan ada pilkada serentak dan pemilu," kata Kepala DBMPR Jabar, Bambang Tirtoyuliono, dalam keterangannya, Rabu 3 Agustus 2022.

Penurunan anggaran yang dikaitkan dengan tahun politik itu yang menjadi sorotan. Sebab pesta demokrasi sudah menjadi rutinitas per 5 tahun.

"Kalau tahu tahun ini tahun politik, seharusnya pemerintah provinsi di beberapa tahun kemarin menggeber dan mempercepat program-program yang memang harus dilaksanakan," kata pengamat politik dari Unjani, Arlan Sidhha saat dihubungi, Sabtu (28/1/2023).

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini