get app
inews
Aa Read Next : Ridwan Kamil-Suswono Resmi Diusung KIM Plus di Pilkada Jakarta 2024

Megawati Usulkan Inggit Garnasih Jadi Pahlawan Nasional, Ridwan Kamil: Kita Proses

Senin, 30 Januari 2023 | 17:37 WIB
header img
Gubernur Ridwan Kamil. (Foto:dok)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambut baik usulan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menjadikan Inggit Garnasih sebagai pahlawan nasional.

Gubernur mengatakan usulan Inggit Garnasih sebagai pahlawan nasional sudah sejak lama. Namun, kali ini usulan langsung dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang merupakan anak dari presiden Soekarno.

Maka dari itu, Gubernur kerap disapa Emil ini akan menindaklanjuti sama seperti halnya pahlawan nasional yang sudah pernah diajukan pemerintah provinsi Jawa Barat.

"Kami akan menindaklanjuti proses administrasi, seperti kami melakukan kepada Kiai Sanusi dari Sukabumi yang kemarin jadi pahlawan nasional, kemudian prof mochtar kusumaatmadja sekarang kita proses semuanya," katanya, di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (30/1/2023).

Inggit Garnasih lahir di Bandung pada 17 Februari 1888 kemudian wafat pada  13 April 1984 pada usia  96 tahun adalah istri kedua Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia.

Inggit Garnasih merupakan sosok penting yang turut berjuang karena kesediaannya memenuhi segala kebutuhan Presiden Soekarno yang dalam keadaan sulit ketika itu.

"Menjual harta bendanya untuk mengirimkan makanan, buku-buku saat Bung Karno ada di penjara Sukamiskin sehingga lahirlah Bung Karno yang kita ketahui hari ini," ucapnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut