Logo Network
Network

Berusia Seabad, Ini Sejarah Singkat Bosscha: Tempat Penelitian Astronomi di Bandung

Rizal Fadillah
.
Senin, 30 Januari 2023 | 17:52 WIB
Berusia Seabad, Ini Sejarah Singkat Bosscha: Tempat Penelitian Astronomi di Bandung
Observatorium Bosscha. (Foto: pergidulu)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Di tahun 2023 ini, Observatorium Bosscha genap berusia seabad sejak diresmikan pada 1 Januari 1923. Tempat penelitian astronomi ini di kawasan Bandung Utara atau lebih tepatnya di Jalan Peneropongan Bintang No.45, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sejarah Observatorium Bosscha dimulai pada 1920 dengan pembentukan Nederlands Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) yang diprakarsai dan dipimpin oleh K. A. R. Bosscha untuk menghimpun sumber daya, pemikiran, dan persiapan untuk mendirikan fasilitas pengamatan astronomi. 

Pada 1 Januari 1923, Observatorium Bosscha diresmikan dan menjadi perintis astronomi modern di Asia Tenggara dengan mengambil astrofisika bintang sebagai topik riset utama, dengan dorongan terobosan sains fisika dunia pada awal abad ke-20.

Teleskop refraktor ganda Zeiss dihadiahkan oleh K.A.R. Bosscha kepada Observatorium Bosscha pada tahun 1928, yang menjadikan observatorium ini terbesar ketiga dan termodern di bumi bagian Selatan pada era itu. 

Saat ini sebagai bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung, Observatorium Bosscha menjalankan amanah Tridharma Perguruan Tinggi dengan lingkup pekerjaan penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.