get app
inews
Aa Read Next : Ridwan Kamil-Suswono Resmi Diusung KIM Plus di Pilkada Jakarta 2024

Geram! Ridwan Kamil Minta Panitia dan Peserta Acara Motor Trail Perbaiki Kawasan Ranca Upas

Kamis, 09 Maret 2023 | 17:55 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: net)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terlihat geram saat mengetahui kawasan Ranca Upas dalam kondisi hancur parah akibat acara motor trail yang digelar belum lama ini.

Lewat postingan di Instagramnya, Ridwan Kamil menyayangkan pemberian izin yang diberikan pengelola kawasan untuk acara "Ranca Upas Camping Adventure Explore 2023".

"Jika tidak profesional, event seperti ini jangan diberi izin," tegas Ridwan Kamil, Kamis (9/3/2023).

Ridwan Kamil menilai, kelestarian alam lingkungan adalah hal yang utama dan harus tetap dijaga dalam kondisi apapun.

"Jika panitia penyelenggara acara apapun tidak bisa memberi keyakinan akan penyelenggaraan yang profesional, sebaiknya jangan diijinkan oleh pengelola kawasan," katanya.

Orang nomor satu di Jawa Barat ini pun meminta, pihak penyelenggaran beserta para peserta untuk bisa bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan tersebut.

"Kepada panitia dan peserta sebaiknya gotong royong memperbaiki kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh kegiatan ini," ungkapnya.

Dirinya juga berharap, peristiwa ini bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak dan tidak terulang dikemudian hari.

"Semoga tidak terulang ke depannya," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Bandung, Dadang Supriatna juga mengaku geram melihat kondisi Ranca Upas yang rusak akibat kegiatan "Ranca Upas Camping Adventure Explore 2023".

Menurut Dadang Supriatna, adanya kegiatan tersebut hanyalah merusak lingkungan.

"Tentunya, saya sangat menyayangkan dan mengecam keras kejadian ini. Kita pemerintah Kabupaten Bandung tidak pernah mendukung dan memberikan izin terhadap kegiatan yang merusak lingkungan dan hutan," ucap Dadang Supriatna, Rabu (8/3/2023).

Kegiatan "Ranca Upas Camping Adventure Explore 2023" mendapat kecaman dari berbagai pihak. Hal itu dikarenakan, kegiatan outdoor dengan motor trail ini merusak sejumlah tanaman di Kawasan Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Kegiatan yang digelar pada Minggu (5/3/2023) ini viral di media sosial lantaran adanya gesekan antara panitia dan peserta. Kemudian, para peserta juga membakar dua buah motor di wilayah Ranca Upas. Setelah itu, tanaman di wilayah Ranca Upas juga porak poranda.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut