get app
inews
Aa Read Next : Fenoma Musim Penyu Tempayan Bertelur di Pesisir Pantai Selatan Turki

Pangdam III Siliwangi Minta Adanya Pembenahan Pantai Selatan

Kamis, 09 Maret 2023 | 17:57 WIB
header img
Pangdam III Siliwangi Kunto Arief Wibowo. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Pangdam III Siliwangi Kunto Arief Wibowo meminta pemerintah terus membenahi Pantai Selatan. Sebab pantai selatan ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi nasional.

Menurutnya kawasan pantai selatan ini menyimpan dan bahkan sudah menjadi sasaran destinasi pariwisata, baik domestik maupun internasional. Pantai Anyer, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, Ranca Buaya, Pantai Guha, Sarang Heulang, Santolo/Pameungpeuk, dan tentu saja Pangandaran. 

Belakangan untuk mendongkrak pariwisata, pemerintah mendorong jalur pemudik untuk masuk lewat jalur ini, tidak lagi Pantura. Sektor pariwisata menjadi andalan utama.

"Sebagai sebuah kawasan pesisir, sektor ekonomi masyarakat di Pantai Selatan sebenarnya lebih dominan sebagai nelayan," katanya.

Menurut Data dari laporan ekonomi Bank Indonesia tahun 2022 menyebutkan bahwa banyak sektor perikanan yang bisa dikembangkan pada kawasan ini, terutama budidaya udang dan perikanan lainnya. Nilainya cukup fantastis, mencapai 3 triliun rupiah lebih. 

Akan tetapi, fakta-fakta lain juga menunjukkan bahwa daerah pesisir selatan ini masih menyimpan persoalan, terutama kemiskinan. Beberapa kabupaten kemudian menjadi penyumbang angka kemiskinan untuk Jawa Barat, sebut saja Tasikmalaya, Garut, Indramayu, dan beberapa wilayah lain. 

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut