get app
inews
Aa Read Next : Fenoma Musim Penyu Tempayan Bertelur di Pesisir Pantai Selatan Turki

Pangdam III Siliwangi Minta Adanya Pembenahan Pantai Selatan

Kamis, 09 Maret 2023 | 17:57 WIB
header img
Pangdam III Siliwangi Kunto Arief Wibowo. (Foto:Istimewa)

Kawasan Pantai Selatan juga menyimpan kandungan garam yang tinggi. Ini belum terolah, maka kita praktekkanlah teknologi yang bisa merubah kandungan air laut menjadi garam. Di Selatan ini juga sangat mungkin dikembangkan pabrik pengolahan es batu, yang berguna untuk mengawetkan hasil tangkapan nelayan. Teknologinya kita ciptakan, teknologi pembuat es batu.

 Persoalan energi juga menjadi masalah besar. Ketergantungan pada energi fosil masih kuat sementara sumber daya sangat terbatas. Teknologi pengolah sampah menjadi briket adalah solusinya. Ini sudah  dipraktekkan dan terbukti memang efisien dan ekonomis. Bahan baku sampah sangat banyak, dan itu bisa dioptimalkan.

Guna bisa melaksanakan berbagai perubahan tersebut, tentu saja tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Masyarakat harus kuat dan tentu saja harus bersatu. Kelembagaanpun dibentuk dengan mendorong pendirian koperasi-koperasi. TNI bekerjasama dengan pemerintah daerah serta sektor swasta, masuk ke wilayah ini. Penguatan kelembagaan serta menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, terutama inovasi teknologi.

TNI juga menjalin kemitraan dengan Perguruan Tinggi, karena disinilah banyaknya riset dan inovasi. Perguruan tinggi punya kemampuan, kita fasilitasi dan jembatani agar nyambung dengan kebutuhan rakyat itu sendiri. 

Apa yang dikatakan di atas, itulah yang disebut military science. Pengetahuan seperti ini yang kemudian ditransformasikan ke masyarakat. Jika masyarakat kuat, mandiri secara ekonomi, berkembang dengan potensi yang dimilikinya, maka sejatinya basis sishankamrata sudah tercapai. Mereka kuat karena negara hadir secara langsung. Andai ada ancaman terhadap eksistensi negara, bisa dipastikan kelompok masyarakat itulah yang akan mempertahankannya. Itulah Sishankamrata, pertahanan negara yang berbasis pada kekuatan yang dimiliki masyarakat itu sendiri, kuat bukan karena memegang senjata, tapi kuat karena berdaulat atas tanah dan wilayahnya masing-masing. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut