get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Polemik Guru Dipecat gegara Kritik Ridwan Kamil, Netizen Ungkit Isu Cirebon Ingin Pisah dari Jabar

Rabu, 15 Maret 2023 | 17:30 WIB
header img
Netizen ungkit isu pemisahan Cirebon dari Jawa Barat pasca guru dipecat setelah kritik Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pemecatan yang diterima Muhammad Sabil (34), guru dari SMK Telkom Sekar Kemuning, Kota Cirebon, menuai polemik. Netizen buka suara soal kata Maneh dan isu Cirebon lepas dari Provinsi Jawa Barat.

Sabil harus menerima kenyataan pahit dipecat oleh sekolahnya lantaran dianggap melanggar etik guru. Hal ini berawal dari kritiknya kepada Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Emil) yang saat itu mengenakan jas kuning dan kemeja putih.

"Dalam zoom ini, maneh teh keur (kamu itu sedang) jadi gubernur Jabar atau kader partai, atau pribadi Ridwan Kamil?" tulis Sabil mengomentari unggahan Emil.

Banyak netizen yang berdebat soal penggunaan kata Maneh yang dipakai Sabil kepada Emil. Salah satunya adalah @alhatiry yang menanggapinya dalam unggahan klarifikasi Ridwan Kamil.

"Cirebon bukan pake bahasa Sunda lur. Contoh orang Cirebon ngomong dahar (makan) itu halus, kebalikan kalau di Sunda itu kasar," bebernya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut