Logo Network
Network

Ancaman Zoonosis, Pemkab Sumedang Tingkatkan Kewaspadaan Wabah Flu Burung

Rizal Fadillah
.
Jum'at, 24 Maret 2023 | 13:20 WIB
Ancaman Zoonosis, Pemkab Sumedang Tingkatkan Kewaspadaan Wabah Flu Burung
Pemkab Sumedang Tingkatkan Kewaspadaan Wabah Flu Burung. (Foto: sumedangkab.go.id)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Pemkab Sumedang melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) kini lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap Avian Influenza (AI) atau yang dikenal dengan flu burung.

Peningkatan kewaspadaan ditujukan untuk mengantisipasi kemungkinan resiko peningkatan kasus AI dan meminimalisir kerugian ekonomi peternak unggas serta ancaman zoonosis bagi kesehatan masyarakat.

Kepala Diskanak Kabupaten Sumedang, Nandang Suparman mengatakan, sejak kasus AI di Desa Girimukti Kecamatan Sumedang Utara, pihaknya telah memerintahkan kepada para kepala UPTD Perikanan dan Peternakan untuk melakukan upaya upaya antisipasi.

"Begitu hasil pengujian Balai Veteriner Subang bahwa sample ayam dan entog di Girimukti fositif, kami gerak cepat dengan memerintahakn kepala UPTDP PP untuk melakukan upaya antisipasi yang lebih masif lagi," kata Nandang, Jumat (24/3/2023).

Menurut Nandang, beberapa upaya tersebut adalah meningkatkan penyuluhan dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat dan para peternak unggas agar segera melapor kepada petugas kesehatan hewan terdekat (UPTD PP Wilayah) bila menemukan adanya unggas sakit atau mati mendadak. 

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.