get app
inews
Aa Read Next : Sumedang Sukses Gelar LLA XXIX se-Jabar dan Bali

Sering Dijadikan IB, Sapi Jenis ini Usia 7 Bulan Tembus Rp17 Juta

Senin, 03 April 2023 | 14:48 WIB
header img
Sapi jenis simetal, salah satu yang paling sering dilakukan inseminasi buatan. Foto: Istimewa

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Inseminasi Buatan (IB) bukan hal baru bagi peternak, khususnya di Sumedang. Bahkan ada dua jenis sapi yang kerap dilakukan IB oleh peternak.

Dua jenis sapi yang sering dilakukan Inseminasi Buatan tersebut adalah Limosin dan Simetal. Sebab harga jualnya sangat tinggi dibanding yang lokal.

"Untuk sapi limosin misalnya pada usia 7 bulan harga bisa menembus Rp17 juta, berbeda dengan sapi lokal yang hanya Rp12 juta bahkan bisa kurang," ujar Kepala UPTD pembibitan hewan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Sumedang, Asep Kurniawan, Senin (3/4/2023).

Menurut Asep, ada syarat IB untuk dua jenis sapi tersebut, yakni IB dilakukan pada sapi jenis PO dan Brahma. Namun kadang ada juga peternak yang memaksa jenis sapi lokal ingin IB dengan Limosin atau Brahma sehingga bakal berkembang dengan tidak baik.

Sejauh ini, lanjut Asep, hingga Maret 2023 pihaknya sudah melayani 1.852 ekor sapi yang dilalukan IB baik itu sapi potong maupun sapi perah. Adapun target IB pada 2023 ini adalah 12.269 ekor.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut