get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi dengan ITB, Coway Salurkan Beasiswa hingga Donasi Peralatan Dukung Riset dan Pendidikan

Atalia Praratya Haru Kegelisahannya Terjawab, Eril Diwisuda ITB

Sabtu, 08 April 2023 | 21:51 WIB
header img
Foto bersama keluarga besar Gubernur Jabar, Ridwan Kamil bersama mendiang Emmeril Khan Mumtadz alias Eril. Foto: Instagram/@mutialiya

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ibunda mendiang Emmeril Khan Mumtadz (Eril) merasa kegelisahannya kini terjawab. Sang anak walaupun sudah pergi lebih dulu tetap membanggakan orang tuanya.

Kegelisahan itu adalah ingin lulus bareng sekeluarga. Ketika itu Atalia tengah menempuh S3, Eril jenjang S1 dan sang adik Camillia Laetitia Azzahra atau Zara masih duduk di bangku SMA kelas 12.

"Allahu akbar. Video kegelisahan saya beberapa bulan lalu, terjawab sudah hari ini," tulis Atalia, Sabtu (8/4/2023).

"Qodarullah, insyaAllah Eril akan diwisuda pagi ini. Alhamdulillah, sujud syukur, Al Fatihah," lanjutnya.

Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini pun lantas menambahkan video saat dirinya menyampaikan surat cinta di momen kelulusan program doktoral di Universitas Padjajaran (Unpad) pada 11 Oktober 2022 lalu.

Video itu diunggah Atalia bertepatan dengan mendiang Eril hari ini diwisuda di Institut Teknologi Bandung (ITB). Eril diwisuda sarjana ITB secara in absentia.

"Selanjutnya izinkanlah saya untuk mengucapkan terima kasih kepada sesorang yang tanpanya, saya tidak akan sampai pada jenjang hari ini," ucap Atalia saat itu.

Di mata sang bunda, Eril merupakan anak yang sering berseloroh tentang pendidikannya. Sebab, ayahnya Ridwan Kamil sudah menempuh S2.

"Kok mamah cuman S1 sih, 'Papah tuh S2, kapan dong mamah S2?' Sambil dia cengir cengir, tapi itu dia lakukan sering kali," kata Atalia.

Bagi Atalia, Eril inilah yang mengajarkannya bagaimana menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik (TPA). Kemudian mengajarkan matematika logika yang sudah 30 tahun lebih tidak dipelajarinya secara formal.

"Meski saat itu dia sedang berada di rumah sakit, saya ingat sekali, bahkan saat beberapa bulan yang lalu saat perjalanan kami ke Eropa bulan Mei di dalam pesawat, beliau masih juga menyempatkan mengajari saya menjawab soal soal Toefl, masyaAllah," tutur Atalia.

"Seyogyanya kami berencana lulus bersama tahun ini, namun takdir berkata lain, mohon doakan almarhum. Al fatihah," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Eril hari ini diwisuda di ITB. Kabar diwisudanya Eril itu disampaikan sang ayahanda, Ridwan Kamil.

"ALHAMDULILLAH, Hari ini, Sabtu 8 April 2023, A Eril almarhum, akan diwisuda sebagai sarjana ITB secara in absentia. Saya akan mengambil ijazahnya mewakilinya," tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagram @ridwankamil.

Kang Emil menyebut, sekian bulan setelah wafatnya Eril, ITB mengadakan sidang 2 kali untuk menguji apakah tugas akhirnya Eril yang memang secara substansi sudah selesai, itu layak apa tidak untuk dinyatakan lulus.

"Perlu digarisbawahi, kami sekeluarga tidak meminta ini. Karena sudah kami ikhlaskan semua hak/urusannya di dunia ini," sebut Kang Emil.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut