get app
inews
Aa Read Next : Observatorium Bosscha ITB Lakukan Pengamatan Hilal 1 Syawal di Lembang

Gerhana Matahari Total 20 April, Observatorium Bosscha Gelar Live Streaming dari Pulau Kisar

Rabu, 19 April 2023 | 11:33 WIB
header img
Peta Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Wilayah Indonesia bakal kembali bisa menyaksikan gerhana Matahari pada 20 April 2023. Rencananya Observatorium Bosscha akan menggelar live streaming dari Lapangan Maka, Pulau Kisar.

Gerhana Matahari 20 April 2023 adalah Gerhana Matahari Hibrida (GMH) di mana bayangan inti Bulan (umbra) melewati tiga negara yakni Australia, Timor Leste, dan Indonesia.

Tim Observatorium Bosscha, dipimpin oleh staf Observatorium Bosscha dan KK Prodi Astronomi ITB, Premana W. Premadi tengah melaksanakan Ekspedisi Pengamatan Gerhana Matahari Total ke Pulau Kisar, Maluku pada 14-21 April 2023. Pulau Kisar dipilih sebagai lokasi pengamatan atas beberapa pertimbangan, di antaranya faktor geografis dan cuaca.

Sebagai dataran pertama wilayah Indonesia yang berada di jalur total (gerhana 100%), dan lokasi yang berada di dekat dengan pusat gerhana di laut Timor, menjadikan waktu totalitas di Kisar lebih panjang dibandingkan daerah lain.

Tim berjumlah 10 orang beranggotakan staf Observatorium Bosscha dan mahasiswa Program Studi Sarjana Astronomi ITB ini bakal melaksanakan serangkaian aktivitas pendidikan untuk guru dan siswa, kegiatan pengamatan langit malam dan pameran astronomi untuk masyarakat umum.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut