get app
inews
Aa Read Next : Tetap Bugar Setelah Lebaran, Coba Lakukan 4 Olahraga Ringan Ini

Cara Ampuh Redakan Mabuk Perjalanan saat Mudik

Jum'at, 21 April 2023 | 11:40 WIB
header img
Cara redakan mabuk perjalanan mudik yang ampuh. Foto ilustrasi: Okezone

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Tidak sedikit masyarakat melakukan perjalanan mudik di momen perayaan Lebaran. Sebagian dari mereka mungkin kerap bermasalah dengan motion sickness atau mabuk ketika melakukan perjalanan darat, laut, atau udara.

Menurut Cleveland Clinic, mabuk perjalanan terjadi saat otak tak bisa memahami informasi yang dikirimkan oleh mata, telinga, dan tubuh. Akibatnya beragam gerakan ketika menaiki kendaraan dapat memicu gejala seperti mual, berkeringat, atau muntah.

Kondisi itu dirasakan pula oleh Direktur Dizziness and Balance Centre dari University of Washington, Prof James Phillips. Phillips pertama kali mengalami mabuk perjalanan ketika masih menjadi seorang mahasiswa.

"Saya merasa lelah walaupun saya sudah istirahat. Ada gelombang rasa mual yang intens dan saya mulai muntah," kata Phillips, seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Jumat (21/4/2023).

Gejala itu terus berlanjut kendati Phillips telah kembali ke daratan. Sesampainya di darat, Phillips mengaku masih merasa seperti terombang-ambing oleh ombak. Dia mulai merasa normal pada hari berikutnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut