get app
inews
Aa Text
Read Next : Kang Arfi-Teh Yena Ikhtiar Lebih Masif Sapa Warga H-10 Pencoblosan

Gandeng Brand Lokal Ternama, JNE Edukasi Strategi Penjualan Para UKM di Bandung

Selasa, 16 Mei 2023 | 20:53 WIB
header img
Acara Ngajak Online 2023 yang diinisiasi JNE di Bandung. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ekspedisi ternama di Tanah Air, JNE terus berusaha mengangkat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) naik kelas. Kali ini upaya JNE tersebut dilakukan kepada para UKM di Kota Bandung.

Lewat acara Ngajak Online 2023 bertajuk "Goll..Aborasi Creativolution" para UKM di Bandung diberikan edukasi mengenai strategi penjualan di era digital.

Menjadi kota kedua JNE Ngajak Online 2023, acara di Bandung ini dimeriahkan oleh pembicara dari kalangan bisnis model yang berbeda-beda.

Penampilan spesial UNITED STATES OF BANDUNG PERCUSSION (USBP) membuka acara JNE Ngajak Online 2023 dengan menciptakan interaksi kepada para peserta yang hadir di De’Medelline Café Bandung, Selasa (16/5/2023).

Head of Regional Jawa Barat JNE, Murah Lestari, membuka acara yang dilaksanakan secara hybrid ini secara antusias. Menurutnya, acara tersebut ditujukan dengan maksud memberikan edukasi mengenai strategi inovasi dan kolaboratif di era digital dengan sasaran para UKM untuk meningkatkan daya saing mereka agar bisa naik kelas.

“Kita harus beradaptasi dengan kebiasaan baru untuk melakukan semangat kolaborasi bersama di era digital saat ini. JNE Ngajak Online ini merupakan bentuk nyata untuk memberikan dukungan terhadap pemulihan perekonomian secara nasional. Semoga acara ini bisa menjadi bekal dan inspirasi teman-teman UKM,” kata Lestari.

Merek perlengkapan luar ruang ternama asal Indonesia turut hadir dalam JNE Ngajak Online 2023 Kota Bandung. Nabila Puterina Wahyu selaku Digital Business Development Lead of EIGER, menyatakan EIGER selama 34 tahun berdiri selalu berinovasi dan menjaga suatu bisnis.

“EIGER selalu mempertahankan brand identity dengan komitmen pada brand kami,” ungkap Nabila.

Secara kreatif, EIGER mempertahankan brand identity dan creativolution sejak awal yang sudah terjun dalam kanal media sosial sebagai strategi digital marketing yang dilakukan EIGER. Misalnya rekor 32 Jam Live Streaming, Shop Entertainment (gabungan live music, talkshow, dan online shop).

Sementara itu, Decky Sastra, Entrepreneur & Content Creator, berhasil membawa brand lokal miliknya untuk tembus ke pasar Internasional. Pemilik jaket ternama yaitu Rawtype Riot, brand dengan konsep genuine art & co, mengungkapkan kisah pemasaran produk andalannya yang telah melewati banyak rintangan sejak 2017.

Namun kreatifitasnya terus diasah, seperti strategi memasarkan produk jaket yang telah digunakan oleh Presiden Indonesia, Jokowi.

“Untuk memberikan kesan dari produk kami, ada cerita dibalik pembuatan produk yang kami jadikan acuan unique selling point Rawtype Riot. Bagaimana kami bisa menerjemahkan sebuah produk kepada klien, seperti cerita grafis dan materi keseluruhan produk yang dikemas bagi segmen pasar kami. Itulah yang kami terapkan secara konsisten dari produk-produk kami yang limited edition,” papar Decky.

Adi Pranata sebagai Creativepreneur & Founder SNEAKON juga turut membagikan pengalaman berbisnis yang dijajak dari nol bersama sang istri.

"Ada proses yang kami terapkan sejak 2016 mencoba berbisnis. Diskusi atau brainstorming jadi tahap paling terpenting kami menjajaki bisnis. Namun mengikuti tren menjadi pusat kami untuk melakukan perkembangan dari setiap strategi ataupun taktik yang kami terapkan pada brand kami. Salah satunya juga dengan melakukan riset,” ujar Adi.

Mengusung tema Dinamika Pemasaran untuk Millineal dan Gen Z untuk Mengembangkan Produk Unggulan, Kurnia Nugraha selaku Head of Media Relation JNE dan Luthfi Safitri Zein Head of Roket Indonesia, menyampaikan dukungan JNE sebagai perusahaan logistik nasional dalam mendukung UKM Indonesia agar dapat meningkatkan daya saing di saat ini.

“Disrupsi digital sangat mempengaruhi brand, JNE siap membantu pelayanan dengan memberikan peluang-peluang UKM untuk menciptakan sebuah produk yang nantinya bisa besar. Sama halnya dengan menerapkan perdagangan Online-to-Offline (O2O) yang merupakan strategi bisnis yang menarik potensial pelanggan potensial,” kata Kurnia.

Sebagai Head of Media Relations yang paham target pasar, Kurnia menambahkan, “Suatu brand atau produk harus mempunyai value atau pembeda saat membuat brand tersebut. Sekarang tugas JNE yang akan membantu pendistribusian produk unik para UKM.”

JNE sebagai ekspedisi ternama bersama Roket Indonesia menjanjikan bentuk kolaborasi kreatif dengan pedagang secara komitmen dan konsisten. Sebagai informasi, Bandung merupakan kota kedua dari pagelaran JNE Ngajak Online 2023 yang diadakan secara hybrid – Goll…Aborasi Creativolution. Nantikan kegiatan dan program JNE lainnya melalui Instagram JNE Express @JNE_ID.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut