get app
inews
Aa
Read Next : Perlu Dicoba, Ini Tiga Cara Mudah Atasi Insomnia

Di Balik Kecanggihan ChatGPT, Ada Risiko yang Intai Bidang Akademik

Kamis, 18 Mei 2023 | 11:10 WIB
header img
ChatGPT yang dikembangkan OpenAI sangat bisa berisiko bagi dunia akademik. Foto ilustrasi: Internet

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Cara manusia berinteraksi dengan mesin seakan berubah setelah kehadiran ChatGPT sebagai model bahasa alami canggih yang dikembangkan oleh OpenAI. Kemampuan ChatGPT untuk berkomunikasi dengan pengguna dalam bentuk percakapan alami sudah memicu tantangan baru dalam dunia kecerdasan buatan.

Menurut Dosen pada Kelompok Keahlian Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB, Ayu Purwarianti, ada beberapa risiko yang harus dipertimbangkan saat memanfaatkan ChatGPT, misalnya seputar regulasi, isu plagiarisme, serta etika dalam pemanfaatan ChatGPT, khususnya dalam lingkup akademik.

Ayu tak menampik ChatGPT sangat bermanfaat untuk membantu manusia belajar. Akan tetapi Ayu menyoroti tujuan dari manusia atau mahasiswa saat akan menggunakannya.

"Kalo misalnya mahasiswa disuruh bikin essay dengan tujuan supaya bisa memiliki kemampuan analisis yang lebih tinggi, serta lebih kritis dan kreatif maka jangan menggunakan ChatGPT. Silakan membuat essay dengan kalimat sendiri dan nanti dibandingkan dengan hasil ChatGPT,” kata Dr. Ayu seperti dimuat laman ITB, Kamis (18/5/2023).

Dr. Ayu lantas mengingatkan untuk lebih bijak lagi saat menggunakan ChatGPT sebagai alat untuk belajar, lantaran risiko ChatGPT juga sangat banyak. Risiko pertama yakni, tidak akuratnya informasi serta jawaban yang diberikan oleh ChatGPT, sehingga diharapkan supaya pengguna melakukan validasi atau mencari sumber lain yang lebih terpercaya dalam mencari suatu informasi.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut