get app
inews
Aa Read Next : Kampung Toleransi Jadi Bukti Kota Bandung Mempraktikkan Nilai-nilai Pancasila

Pancasila Leitstar Indonesia Raya

Kamis, 01 Juni 2023 | 09:20 WIB
header img
Sekjenl DPP PA GMNI Dr Abdy Yuhana. (Foto:Istimewa)

Sumber daya manusia terlebih dahulu harus melihat faktor pendidikan dan kesehatan, karena kedua hal tersebut adalah faktor yang penting. Jika diilustrasikan ibarat komputer perangkat keras (hardware) mereka harus bagus dan kuat sehingga dapat di isi dengan berbagai perangkat lunak (software) bermutu.

Oleh karena itu, untuk mencapai ke arah kemajuan negara saat ini, Indonesia membutuhkan ‘rute’, arah yang dilalui secara tepat sehingga tidak salah arah, salah jalan, dan salah dalam mencapai tujuan dalam bernegara. Lalu, pertanyaannya dari mana mulainya? Ada beberapa hal yang bisa dijelaskan.

Pertama, kesadaran akan potensi dan keadaan wilayah yang dimiliki Indonesia. Kedua, kesepakatan dalam bernegara sebagai acuan kehidupan bermasyarakat dan berbangsa dan ketiga, adalah sinergi dalam membangun bangsa yaitu membangun peradaban bangsa, membangun SDM unggul, dan pemerataan dan keadilan pembangunan.

Itulah rute bagi Indonesia yang saat ini belum dilalui dengan baik. Jika rute tersebut dijalankan dengan baik oleh seluruh komponen bangsa, niscaya Indonesia akan menjadi negara yang besar dan maju sebagaimana yang dicita-citakan menuju Indonesia Raya seutuhnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut