get app
inews
Aa Read Next : Pantau Kesehatan Ibu Hamil, Pemkab Sumedang Terima Bantuan 1.000 Smart Watch

Miliki Potensi Besar, Rancakalong Sumedang Jadi Percontohan Klaster Desa Produktif

Kamis, 01 Juni 2023 | 10:30 WIB
header img
Rancakalong Sumedang Jadi Percontohan Klaster Desa Produktif. (Foto: sumedangkab.go.id)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Kecamatan Rancakalong di Kabupaten Sumedang menjadi daerah proyek percontohan Program Klaster Desa Produktif (KDP). Program ini diinisiasi oleh Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan (UKP-BKPKKP).

Asisten UKP-BKPKKP, Rifanzi Chandras Varas Rachmat mengatakan, pertimbangan dipilihnya Rancakalong sebagai proyek percontohan lantaran potensi-potensi dan keanekaragaman wilayah yang besar, kultur masyarakat yang mendukung. Tak kalah penting, pemangku kepentingan terkait dan masyarakatnya yang memiliki semangat juang tinggi.

"Prasyarat demikian itu memenuhi kriteria sebagai wilayah proyek percontohan bagi program KDP yang diinisiasi dan dikembangkan dengan melibatkan berbagai stakeholder oleh UKP-BKPKKP," kata Rifanzi, Rabu (31/5/2023).

Rifanzi menjelaskan, KDP merupakan program untuk mengkoneksikan potensi-potensi ekonomi dalam suatu klaster (kawasan). Baik dari sektor pertanian, perikanan, peternakan, pariwisata, budaya, produk/jasa, dan sebagiannya, supaya tercipta nilai tambah dalam klaster tersebut sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Model konsep klaster desa produktif ini bukan hal baru karena di sejumlah lembaga sudah pernah dikembangkan sehingga UKP ini ingin agar konsep serupa ini dapat lebih dikembangkan dengan inovasi tertentu,” jelasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut