get app
inews
Aa Read Next : Ruang Kelas SMA di Jabar Masih Minim, DPRD Lakukan Hal Ini

Pendaftaran PPDB Jabar 2023 Tahap 1 Dibuka Besok, Disdik Pastikan Aturan Tak Banyak Berubah

Senin, 05 Juni 2023 | 15:42 WIB
header img
PPDB Jabar 2023 akan segera dibuka. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB Jawa Barat (Jabar) Tahun 2023 Tahap 1 akan dibuka mulai Selasa, 6 Juni 2023 besok. Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar memastikan PPDB 2023 tidak banyak mengalami perubahan.

Kepala Disdik Jabar, Wahyu Mijaya mengatakan, PPDB Jabar 2023 masih mengacu pada Peraturan Menteri (Permen) Pendidikan No. 1 Tahun 2021 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Demikian pula aturan pada tingkat daerah, masih mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat No. 29 Thn. 2021 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru pada SMA, SMK dan SLB serta Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 21 Thn. 2022 tentang Perubahan Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 29 Thn.2021 Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Pada SMA, SMK dan SLB.

"Secara umum, aturan PPDB tidak banyak perubahan. Adapun revisi sifatnya penyempurnaan, menindaklanjuti hasil evaluasi PPDB tahun 2022, baik dari internal maupun eksternal," kata Wahyu saat apel pagi di lingkungan Kantor Disdik Jabar, Kota Bandung, Senin (5/6/2023).

Beberapa penyempurnaan, yaitu penegasan Kartu Keluarga (KK) paling sedikit sudah berdomisili satu tahun sebagai aturan dari Permendikbud. Hal itu untuk menghindari perpindahan calon peserta didik fiktif yang hanya mendekati lokasi sekolah supaya diterima melalui jalur zonasi yang bisa merugikan/menggeser hak calon peserta didik yang secara riil berdomisili dekat sekolah.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut