get app
inews
Aa Read Next : Ruang Kelas SMA di Jabar Masih Minim, DPRD Lakukan Hal Ini

Disdik Siapkan Sejumlah Sistem Cegah Praktik Curang PPDB Jabar 2023

Rabu, 07 Juni 2023 | 13:15 WIB
header img
Disdik Jabar antisipasi kecurangan di PPDB Jabar 2023. (Foto Ilustrasi : Antara)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) memiliki sejumlah sistem untuk mencegah praktik curang dalam Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, SLB 2023. Satu di antaranya membuat sistem fakta integritas.

Kepala Disdik Jabar, Wahyu Mijaya mengatakan, fakta integritas ditujukan untuk orang tua siswa yang menyatakan bahwa data yang diberikan dan disampaikan pada sekolah harus benar. Kemudian, pihaknya pun membuat spanduk imbauan untuk tidak melakukan pungutan liar (pungli) dan sebagainya.

"Kami juga ada tim yang keliling di 27 kabupaten/kota untuk memantau per kabupaten/kotanya seperti apa. Dan jika ada informasi-informasi silahkan disampaikan, kami tindaklanjuti," kata Wahyu saat dikonfirmasi, Rabu (7/6/2023).

Wahyu menjelaskan, PPDB Jabar 2023 Tahap 1 saat ini sudah dimulai sejak Selasa (6/6/2023). Tahap pertama akan dibuka hingga 10 Juni 2023 dan dilanjutkan tahap kedua.

Dari dua tahap pendaftaran PPDB 2023, kata Wahyu, Pemprov Jabar menyediakan 300 ribu kuota secara keseluruhan untuk SMA, SMK dan SLB.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut