get app
inews
Aa Read Next : Pengunjung Masjid Al Jabbar Kini Gratis Biaya Parkir

UAS Datang, 25 Ribu Jemaah Diprediksi Sesaki Masjid Al Jabbar Besok

Sabtu, 17 Juni 2023 | 20:33 WIB
header img
Ustaz Abdul Somad (UAS) akan ceramah di Masjid Al Jabbar. Foto: Dudi Sugandi

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Puluhan ribu jemaah diprediksi akan memadati Masjid Al Jabbar pada Sabtu 17 Juni 2023 malam hingga Minggu 18 Juni 2023 pagi. Pasalnya, penceramah kondang, Ustaz Abdul Somad (UAS) akan menggelar safari dakwah di Masjid Al Jabbar.

Prediksi kehadiran puluhan ribu jemaah saat ceramah UAS di Masjid Al Jabbar itu berdasarkan hasil koordinasi antara polisi dengan ketua panitia pelaksana.

"Koordinasi dengan panitia rencana 20-25 ribu orang, tapi kan tetap tidak bisa diprediksi bisa berkurang bisa lebih. Mudah-mudahan tidak terlalu banyak karena acaranya dari malam," kata Kapolsek Gedebage, Kompol Kurnia saat dihubungi, Sabtu (15/6/2023).

Informasi dari panitia, susunan kegiatan di Masjid Al Jabbar dimulai dari itikaf, salat tahajud kemudian salat subuh bersama sekaligus tausiyah dari UAS. Adapun pengamanan untuk kegiatan ini juga akan dilakukan.

Kurnia menegaskan, pengamanan yang diberikan nantinya tidak terlalu signifikan. Sebab kegiatannya di masjid milik Provinsi Jabar itu.

Kemudian, kegiatan itu pun dimulai dari malam sampai subuh. Alhasil pengalihan arus lalulintas juga tidak dilakukan.

"Arus pun dari arah Rancanumpang ke arah Cimencrang hanya diputarkan di sekitar Al-Jabbar untuk mengurangi kemacetan," jelas Kurnia.

Polsek Gedebage, imbuh Kurnia, akan tetap menerjunkan personel untuk mengamankan kegiatan. Dengan kegiatan yang digelar pada malam hari, Kurnia memastikan acara berjalan kondusif hingga selesainya kegiatan. 

"Personel ada 21 orang dari Polres dengan Polsek yang berjaga. Ekstra pengecekan tidak ada karena panitia sudah kita hanya mengamankan jalur yang masuk keluar," ujarnya. 

Kendatin demikian, kata Kurnia, pengamanan akan tetap dilakukan dengan baik. Sebab, massa yang akan datang cukup banyak dan sebagai langkah antisipasi terjadi hal-hal yang diluar prediksi.

"Pengamanan di seputar Masjid Raya Al-Jabbar akan tetap dilakukan mengingat jumlahnya cukup banyak sekitar 20 ribuan kita tetap antisipasi kendaraan yang mau masuk ke Al-Jabbar," ucapnya. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Ustazz Abdul Somad diagendakan melakukan kajian dan ceramah di Masjid Al Jabbar, Kota Bandung pada Minggu, 18 Juni 2023 pukul 04.30 WIB. Masjid Raya Al-Jabbar merupakan lokasi ketiga dari agenda kajian dan ceramah di Bandung dan Cimahi pada periode Juni 2023.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut