get app
inews
Aa Read Next : Bangun Generasi Emas, PGTC 2024 Gaet Politeknik Negeri Bandung Kenalkan Pertamina Patra Niaga

LG Love School Katrol Kompetensi Lulusan Politeknik Negeri Bandung

Selasa, 27 Juni 2023 | 14:05 WIB
header img
LG Love School Katrol Kompetensi Lulusan Politeknik Negeri Bandung. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - PT LG Electronics Indonesia (LG) kembali menunjukan komitmennya dalam pengembangan pendidikan di Tanah Air dengan memberikan dukungan bagi peningkatan kualitas ruang belajar Politeknik Negeri Bandung (Polban) yang berlokasi di jalan Gegerkalong Hilir, Ciwaruga, Kabupaten Bandung Barat.

President of LG Electronics Indonesia, Lee Tae-Jin mengatakan, selain merenovasi ruang belajar, LG juga memberikan sejumlah pendingin udara atau AC untuk bangunan komersial sebagai media pembelajaran.

Menurutnya, peningkatan kualitas ruang belajar ini merupakan bagian dari program LG Loves School.

“Dukungan renovasi dan perangkat AC bagi sarana praktik siswa didik melalui LG Loves School ini, kami harap dapat memberi semangat sekaligus meningkatkan wawasan mereka sebagai bekal memasuki dunia kerja nantinya,” ucap Lee Tae-Jin, Selasa (27/6/2023).

Ia menyebut, berbagai dukungan ini secara khusus bakal digunakan bagi mahasiswa jurusan Refrigerasi dan Tata Udara Politeknik Negeri Bandung.

"LG Loves School sendiri merupakan bagian dari pilar inisiatif sosial perusahaan dibawah nama LG Loves School," ungkapnya.

Selain LG Loves School yang lebih membidik dukungan bagi pendidikan, kata Lee Tae-Jin, program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) LG Loves Indonesia ini mempunyai dua pilar lain yaitu LG Loves and Cares dan LG Loves Green.

"LG Loves and Cares yang memberikan kontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan LG Loves Green yang didedikasikan untuk mendukung penciptaan lingkungan yang berkelanjutan," katanya.

Department Head of SAC for LG Electronics Indonesia, Edy Sucipto menjelaskan, dukungan program LG Loves School bagi Polban ini mencakup renovasi tiga ruang belajar LG VRF System Training Center sekaligus praktek mahasiswa.

Sementara dukungan perangkat AC komersial yang diberikan yaitu satu unit AC kategori round cassette dan dua unit AC ceiling Concealed Duct. Selain itu, LG memberikan sebuah alat kontrol AC khusus bagi bangunan komersial yang memudahkan kendali seluruh AC dalam satu remote control.

“Dengan kelengkapan ini, kami berharap dapat lebih memperkaya wawasan mahasiswa dengan gambaran sekaligus praktek langsung dengan produk AC dengan teknologi terkini yang khususnya untuk bangunan komersial,” jelas Edy.

Edy menilai, terpenting dari kerja sama ini bukan hanya tentang pemberian fasilitas saja, namun bagaimana membentuk kolaborasi dan langkah nyata kedepannya nanti.

"Karena kalau ini hanya menjadi barang ya ini ga jadi apa-apa tetapi kalau ini bisa membantu untuk membangun kompetensi kita semua baru ini berarti untuk masyarakat itu yang lebih kita utamakan," katanya.

Pihaknya pun berharap, sinergi antara LG dan Polban ini bisa terjalin sangat baik dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Kita dari kelompok industri dan Polban dari sisi pendidikan ini kolaborasi yang harusnya itu sangat erat nah ini yang akan memberikan efek manfaatnya ke masyarakat bisa jauh lebih tinggi itu yang kita ingin hasilkan," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Polban, Marwansyah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada LG yang telah memberikan dukungan bagi peningkatan kualitas ruang belajar Polban.

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi salah satu bentuk dari program LG Love School dalam memberikan peralatan itu," ucap Marwansyah.

Menurutnya, melalui program LG Loves School dari LG, Polban khususnya Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara, dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran sehingga mahasiswa mendapatkan bekal kompetensi dan wawasan yang lebih baik untuk memasuki dunia kerja.

“Polban berharap kerja sama dan kontribusi dari LG dapat terus berjalan secara berkelanjutan di masa yang akan datang untuk memperkuat dunia pendidikan pada umumnya, khususnya pendidikan vokasi di Indonesia,” katanya.

Marwansyah menilai, keberadaan LG dan industri yang lain itu sangat penting bagi dunia pendidikan khususnya untuk menyiapkan bekal bagi para mahasiswa yang siap memasuki dunia kerja.

"Pendidikan yang berkualitas itu pasti mahal karena itu ga bisa dikerjakan oleh satu dua pihak saja, kita perlu sama sama pemerintah, industri, masyarakat bekerjasama menyelenggarakan pendidikan yang mutunya bisa kita andalkan. Sehingga mahasiswa kita bisa siap memasuki dunia kerja industri," tuturnya.

"Itu saya kira fokus dari Polban sebagai salah satu penyelenggara pendidikan, sehingga sangat berarti bagi kami salah satu kontribusi awal dari LG khususnya bagi mahasiswa kami," tambahnya.

Marwansyah menyebut, Polban menjadi salah satu perguruan tinggi yang waktu tunggu lulusan mahasiswanya terbilang sangat cepat. 

"Jadi setelah mereka lulus itu menunggu berapa lama untuk mendapatkan pekerjaan pertama. Nah untuk Polban statistiknya masih alhamdulillah rata-rata tiga bulan menunggunya itu," katanya.

Menurutnya, hal ini mengindikasikan bahwa serapan lulusan Polban masih sangat baik. Selain itu, ini juga merefleksikan dedikasi seluruh dosen dan dukungan prangkat lab yang mampu menyiapkan mahasiswa agar tidak sulit mendapatkan pekerjaan.

"Alhamdulillah Polban masih dalam angka yang sangat baik jadi mudah-mudahan seterusnya akan demikian jadi kita tidak sia-sia mengeluarkan berbagai anggaran, fasilitas, effort para dosen kami bahagia kalau lulusan kami pada akhirnya bisa kerja dengan cepat dan memberikan manfaat seluas-luasnya," terangnya.

Ketua Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara Polban, Muhammad Arman menyambut baik atas penyelenggaraan program LG Loves School ini.

“Ini menjadi contoh kuat mewakili kolaborasi antara industri dan dunia pendidikan yang membuka peluang lebih besar bagi siswa didik untuk menyeimbangkan mata ajar teori dan praktek. Hal yang bakal menjadi bekal lebih kuat untuk menyiapkan mereka memasuki dunia kerja nantinya,” kata Arman.

Dalam kesempatan tersebut, LG juga mengungkap komitmennya untuk terus melanjutkan program LG Loves School secara simultan menyasar kampus dan sekolah di Indonesia.

“Meski dikatakan sebuah langkah kecil, namun dengan komitmen besar untuk melakukan dengan berkelanjutan akan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pada akhirnya tenaga kerja Indonesia pada masa mendatang,” tutup Branch Manager Bandung for LG Electronics Indonesia, Jon.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut