get app
inews
Aa Read Next : Baitulmaal Muamalat Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir di Sumedang

Dua Fosil Hewan Purba dari Sumedang Segera Dipamerkan ke Hadapan Publik

Senin, 03 Juli 2023 | 18:34 WIB
header img
Fosil hewan purba yang ditemukan di Sumedang. Foto: Istimewa

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Dua fosil hewan purba yang berhasil ditemukan di Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, segera dipamerkan di hadapan publik. Pasalnya, Tim Geologi Bandung sudah selesai melakukan rekonstruksi terhadap dua hewan purba itu.

Berdasarkan perkiraan, dua fosil tersebut yakni gading gajah stegodon dan tempurung kura-kura purba itu berusia 1 sampai 2 juta tahun.

"Dua fosil yang sudah direkonstruksi itu rencana akan dibawa ke Sumedang dan disimpan di Desa Jembarwangi tempat fosil tersebut ditemukan. Sedangkan yang asli atas seijin kepala Museum Geologi akan disimpan di salah satu ruangan di Desa Jembarwangi," kata Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbupora) Sumedang, Budi Akbar, Senin (3/7/2203).

Budi menjelaskan, replika fosil hewan purba tersebut rencananya bakal disimpan di Kantor Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS). Adapun untuk penempatannya dan desain tempat penyimpanan fosil tersebut bakal dibantu langsung oleh pihak Museum Geologi Kementrian ESDM.

“Rencananya di bulan Agustus akan launching, kami masih menunggu pembuatan replikanya beres. Kami dari Pemda Sumedang tinggal menerima saja, karena semuanya difasilitasi oleh Musium Geologi,” jelas Budi.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut