get app
inews
Aa Read Next : Dinkes Jabar Imbau Jemaah Haji Rutin Cek Kesehatan

Tunggu Kepulangan ke Tanah Air, Jemaah Haji Jabar City Tour ke Jeddah-Taif

Minggu, 09 Juli 2023 | 21:00 WIB
header img
Jemaah haji mengunjungi Jabal Rahmah di Arafah dan Masjid Abdullah bin Abbas di Kota Taif serta Masjid Quba dan kebun kurma di Madinah. (Foto: Humas Jabar)

MAKKAH, iNewsBandungRaya.id - Jemaah haji Jawa Barat gelombang I berangsur pulang dari Makkah ke Tanah Air sejak Senin (3/7/2023). Sedangkan jemaah haji gelombang II baru akan bergeser ke Madinah pada Senin (10/7/2023).

Pembimbing KBIHU Al Fatah asal Kota Sukabumi, Edi Hanaviah mengatakan, sebagian besar jemaah haji Jabar menghabiskan waktunya di Kota Makkah untuk melakukan city tour atau ziarah sambil berbelanja.

Kegiatan city tour begitu banyak dilakukan jemaah haji seusai puncak haji atau fase Arafah-Muzdalifah-Mina. Hal ini tampak dari deretan bus wisata yang hampir setiap saat menaik-turunkan jemaah dalam kelompok-kelompok di depan hotel. 

Contohnya di kawasan pemondokan Mahbas Jin, setiap Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) maupun jemaah haji mandiri melakukan ziarah berdasarkan jadwalnya masing-masing. Dari mulai ziarah ke Kota Jeddah, Kota Taif sampai keliling tempat bersejarah di Makkah, dan sekitarnya. 

Edi mengatakan, selain ke Masjidil Haram, jemaah sudah melakukan perjalanan ke Kota Jeddah, Kota Taif, dan keliling Kota Makkah, termasuk Arafah-Muzdalifah-Mina. 

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut