get app
inews
Aa Read Next : Upayakan Panen Padi Empat Kali Setahun, Bupati Bandung Harap Ketersediaan Pangan Meningkat

Tepuk Jidat, Bendungan Cariang 5 Kali Diperbaiki Tetap Jebol

Kamis, 13 Juli 2023 | 21:41 WIB
header img
Bendungan Cariang yang sudah lima kali diperbaiki tetap jebol. Foto: Pemda Sumedang

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Petani di Ujungjaya, Kabupaten Sumedang harus terus mengelus dada. Pasalnya, Bendungan Cariang yang sudah diperbaiki sebanyak lima kali selalu kembali jebol.

Padahal air dari Bendungan Cariang sangat dibutuhkan petani. Mengingat air dari bendungan tersebut penting untuk mengairi 1.603 hektare lahan pertanian di enam desa, Kecamatan Ujungjaya, Sumedang.

Camat Ujungjaya, Didin Hermawan mengungkapkan, sejak Bendungan Cariang jebol, upaya perbaikan sudah dilakukan sebanyak 5 kali, yakni 3 kali oleh swadaya masyarakat dibantu Pemkab Sumedang serta PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dan 2 kali oleh Dinas SDA Jawa Barat. Akan tetapi, semua hasilnya belum optimal karena bendungan kembali jebol.

"Namun atas arahan pa bupati, pak wabup, pak sekda, beberapa waktu lalu sudah diturunkan tim kaji bencana dari BPBD dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Mudah-mudahan dapat segera ditangani penanggulangan darurat, sebagaimana surat kami kepada pak bupati," ujar Didin seperti dikutip pada Kamis (13/7/2023).

Menurut Didin, penanganan darurat di Bendungan Cariang kini sedang dilakukan. Penanganan dilakukan dengan cara membuat bendung sementara.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut