get app
inews
Aa Read Next : Pembagian Kondom Gratis bagi Pelajar, Dinkes Jabar: Bukan Melegalisasi

Tangani Pasien Stroke, Menkes Budi Sambut Baik Layanan Katastropik RSUD Karawang

Senin, 17 Juli 2023 | 11:33 WIB
header img
Menkes Budi Sambut Baik Layanan Katastropik RSUD Karawang. (Foto: Ist)

KARAWANG, iNewsBandungRaya.id - Menteri Kesehatan, Budi Sadikin menyambut baik upaya revitalisasi dan transformasi Center of Excellent yang dilakukan oleh RSUD Karawang.

Menurutnya, langkah tersebut akan meningkatkan layanan kesehatan khususnya penyakit katastropik bagi masyarakat Jawa Barat.

Budi mengatakan, saat ini Indonesia menghadapi beban tinggi penyakit katastropik seperti stroke, jantung, kanker dan ginjal merupakan empat penyakit penyebab kematian tertinggi sekaligus pembiayaan terbesar di Indonesia, sehingga membutuhkan penanganan cepat guna menyelamatkan lebih banyak nyawa.

“Orang sakit di Indonesia itu rangking pertamanya stroke, lalu jantung dan cancer. Kita kerjanya harus berbasis prioritas. Jadi harus beresin stroke dulu,” ucap Budi di RSUD Karawang, Sabtu (15/7/2023).

Budi mencatat, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, baru 44 kota yang bisa menangani stroke di periode emasnya (golden period). Hal itu terjadi karena supply side antara SDM Kesehatan dan alat kesehatan tidak seimbang.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut