get app
inews
Aa Read Next : Bakal Calon Wali Kota Cimahi Ini Tawarkan Solusi Atasi 7 Persoalan Besar Buruh

Sepanjang 2023, Dinkes Kota Cimahi Temukan 88 Kasus Baru HIV AIDS

Kamis, 20 Juli 2023 | 12:45 WIB
header img
Sepanjang 2023, Dinkes Kota Cimahi Temukan 88 Kasus Baru HIV AIDS. Foto: Istimewa.

"Pada 38 warga Cimahi, 14 kasus berasal dari populasi risiko tinggi antara lain 13 LSL dan 1 waria, sedangkan 25 kasus berasal dari populasi risiko rendah yakni heteroseksual yang mana 3 di antaranya adalah ibu hamil," terangnya.

Dengan temuan kasus baru itu, maka total komulatif kasus HIV AIDS yang terdata Dinkes Kota Cimahi dari tahun 2005 sampai dengan Mei 2023 mencapai 1.184 kasus. Dimana sebanyak 650 di antaranya adalah warga atau yang berdomisili di Kota Cimahi.

Dengan terus ditemukannya kasus baru HIV/AIDS setiap tahunnya, pihaknya mengimbau agar masyarakat menghindari penularannya. Seperti tidak melakukan seks bebas yang jadi sumber penularan terbanyak.

"Sekarang itu dominan dari prilaku seks bebas. Kalau dari penggunaan napza berkurang. Tahun ini semuanya kan dari transmisi seksual," imbuhnya.

Dia mengatakan, penderita penyakit menular tersebut harus terdeteksi agar segera dilakukan penanganan. Meskipun pada dasarnya HIV-AIDS tidak bisa disembuhkan. Penderita hanya diberikan obat sesuai resep dokter.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut