get app
inews
Aa Read Next : Ketua Kadin KBB Terpilih Ingin Gaspol, Tarik Investor Kembangkan Potensi dari Multi Sektor

Hengki Targetkan Pelantikan Open Bidding Dilakukan dengan Pengisian Rotasi Mutasi

Kamis, 27 Juli 2023 | 18:35 WIB
header img
Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan. Foto/Inews Bandung Raya

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan menargetkan pengisian jabatan kepala dinas yang kosong akan segera terisi oleh pejabat yang ditetapkan melalui proses open bidding yang sudah dilakukan.

Saat ini nama-nama yang masuk dalam tiga besar dari hasil proses open bidding dan telah ditetapkan oleh tim panitia seleksi (Pansel) sudah diserahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Tiga nama yang telah ditetapkan oleh tim Pansel sudah saya serahkan ke KASN. Untuk target pelantikan kemungkinan di bulan depan (Agustus) dan Insya Allah akan memilih yang terbaik," kata Hengki saat ditemui di Ngamprah, Kamis (27/7/2023).

Hengki menegaskan, memiliki hak prerogatif dalam menentukan siapa yang akan dipilih. Namun dirinya meyakini jika tiga nama yang telah ditetapkan oleh tim Pansel semuanya adalah yang terbaik. Sebab mereka dihasilkan dari proses seleksi yang ketat.

Secara khusus dirinya pun telah meminta kepada tim Pansel untuk membuka nilai seleksi dari setiap proses tahapan sehingga publik juga bisa mengetahui. Dia pun ingin menilai secara langsung dari wawancara dan penjelasan makalah yang telah dibuat oleh masing-masing peserta seleksi.

"Prinsipnya, saya ingin menghasilkan figur yang terbaik agar membawa kemajuan bagi KBB, karena banyak tugas yang harus dihadapi oleh para pejabat tersebut, salah satunya penyusunan APBD perubahan dan murni 2024," tandasnya.

Tiga besar yang ditetapkan tim Pansel masing-masing untuk jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup adalah Ibrahim Aji, Idad Saadudin, dan Wiwin Aprianti. Untuk jabatan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman adalah Anni Roslianti, Bambang Eko Setyowahjudi, dan Yoga Rukma Gandara.

Tiga nama untuk jabatan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa adalah Dudi Supriadi, Rina Marlina, dan Yudi Purbosari. Sementara untuk jabatan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap adalah Agung Hartadi, AM. Hikmat, dan Tony Prihantoro.

Sementara itu terkait kekosongan jabatan  yang ditinggalkan oleh mereka yang akan promisi menjadi kepala dinas, Hengki menegaskan jika telah merencanakan rotasi mutasi sekaligus. Sehingga ketika dirinya nanti lengser dari jabatannya di 20 September 2023 nanti, tidak meninggalkan adanya jabatan yang kosong.

"Melihat pewaktuan ini adalah hasil open biding terakhir yang akan saya lantik. Makanya untuk menghindari kursi jabatan kosong, sekaligus akan  dilakukan rotasi mutasi. Saya inginnya pelantikannya dalam satu hari sekaligus, misalnya untuk kepala dinas pagi, nah untuk yang hasil rotasi mutasinya siang atau sore," tuturnya.

Seperti diketahui open bidding empat jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemda KBB kini memasuki tahap akhir. Yakni untuk jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup KBB,  Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman KBB, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa KBB, serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Seleksi terbuka ini mengacu pada UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Kemudian, Peraturan Menpan RB Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut