get app
inews
Aa Read Next : Nekat Parkir Sembarangan, 5 Mobil Digembok Petugas Gabungan di Cimahi

Puluhan Orang di Cimahi Dilatih Antisipasi Bencana, Buntut Dilewati Sesar Lembang

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 18:22 WIB
header img
Pelatihan anstisipasi bencana di Cimahi akibat adanya Sesar Lembang diikuti puluhan orang. Foto: Internet

CIMAHI, iNewsBandungRaya.id - Bahaya Sesar Lembang penting diantisipasi oleh Pemerintah Kota Cimahi (Pemkot Cimahi). Berbagai pelatihan penanggulangan bencana wajib dilakukan yang menyasar banyak pihak.

Menyikapi hal itu, Pemkot Cimahi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Rekasi Cepat Penanggulangan Bencana  (TRC-PB).

Pelatihan tersebut diikuti 80 orang peserta terdiri dari unsur TNI, Polri, Kejari, Perangkat Daerah, unsur Kecamatan, Kelurahan, PLN, PDAM, PMI, TAGANA, Kwarcab Gerakan Pramuka, Senkom, KIC, RAPI, ORARI dan unsur organisasi Relawan yang tergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kota Cimahi. Kegiatan berlangsung di Plaza Rakyat, Pemkot Cimahi.

Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan menyampaikan, pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas yang disiapkan saat tanggap darurat bencana. Materi terutama dalam menangani masalah pengungsi, penyelamatan, serta pemulihan prasarana dan sarana. 

"Berbagai bencana yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia memberikan pembelajaran bagi kita bahwa banyaknya korban jiwa dan harta benda dalam musibah terjadi karena kurangnya pengetahuan dan ketidaksiapan masyarakat. Oleh karenanya, penting bagi kita menyusun perencanaan dan pengaturan dalam penanggulangan bencana," kata Dikdik seperti dikutip pada Jumat (11/8/2023).

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut