get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Cimahi Mulai Seleksi Anggota Paskibraka Jelang Peringatan HUT ke-79 RI

Bukan di Zaman Proklamasi, Nama Paskibraka Baru Muncul 1973

Rabu, 16 Agustus 2023 | 15:23 WIB
header img
Sejarah nama Paskibraka terbentuk, bukan 1945. Foto: istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Nama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tidak ujug-ujug hadir menghiasi setiap perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Paskibraka terbentuk setelah melalui proses yang panjang.

Sejarah terbentuknya Paskibraka tercatat dalam Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Nomor 14 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Nomor 0065 Tahun 2015 tentang Penyelanggaran Kegiatan Pengibar Bendera Pusaka.

Dijelaskan Permenpora, Paskibraka lahir bersamaan dengan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Ketika itu proklamasi dikumandangkan di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta, pada Jumat, 17 Agustus 1945 tepat pukul 10.00 WIB.

Usai Proklamasi untuk kali pertama secara resmi diperdengarkan, bendera kebangsaan Merah Putih dikibarkan oleh dua orang muda-mudi yang dipimpin oleh Latief Hendraningrat.

Singkat cerita, ibu kota Republik Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta. Dalam situasi itu, gagasan mengenai Paskibra lahir.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut