get app
inews
Aa Read Next : Siswi Asal Sumedang Terpilih Jadi Paskibraka Nasional, Bakal Bertugas di IKN

Imbas IKN Nusantara, Pangkalan TNI AL Balikpapan Jadi Lanal Penyangga hingga Dipimpin Pati Bintang 2

Rabu, 23 Agustus 2023 | 21:44 WIB
header img
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali saat di Lanal Balikpapan. Foto: Istimewa

BALIKPAPAN, iNewsBandungRaya.id - Pangkalan TNI AL Balikpapan statusnya berubah dengan adanya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Selain menjadi Lanal penyangga, kelasnya pun dinaikkan menjadi Komando Daerah Maritim (Kodamar) A dan akan dipimpin Perwira Tinggi (Pati) berpangkat Bintang Dua.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, secara geografis Lanal Balikpapan berhadapan langsung dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Oleh karenanya, lanjut Kasal, Lanal Balikpapan dituntut berperan aktif dalam mengamankan kapal-kapal yang melintas dan mengantisipasi berbagai kerawanan yang terjadi.

"Wilayah Balikpapan memiliki sumber daya alam dan energi yang cukup melimpah, sehingga keberadaan satuan TNI AL harus dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan nasional bangsa Indonesia”, kata Kasal saat tatap muka dengan Prajurit TNI AL, di Lanal Balikpapan, Rabu (23/8/2023).

Kasal berpesan, segenap prajurit dan PNS TNI AL di Lanal Balikpapan terus meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Di samping itu terus meningkatkan dedikasi, loyalitas dan profesionalisme para prajurit.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut