get app
inews
Aa Read Next : Tahun Ini, Jemaah Haji Jabar Dipastikan Berangkat dari BIJB Kertajati

Berkat Sapawarga, Pelayanan Publik di Jabar Kian Terintegrasi

Minggu, 27 Agustus 2023 | 21:54 WIB
header img
Dewan Eksekutif Tim Akselerasi Pembangunan Provinsi Jabar, Juwanda. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pelayanan publik di Jawa Barat terus berbenah di era kepemimpinan Ridwan Kamil. Mengingat kebutuhan akan satu solusi jitu sangat penting dihadirkan untuk mengurusi penduduk Jabar yang hampir menyentuh 50 jutwa jiwa.

Dewan Eksekutif Tim Akselerasi Pembangunan Provinsi Jabar, Juwanda menjelaskan, Sapawarga Jabar Super Apps hadir sebagai solusi inovatif yang mengintegrasikan layanan-layanan publik ke dalam satu platform yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat Jawa Barat.

Pada awal inisiasi di 2019, aplikasi ini dikembangkan untuk memberikan informasi, komunikasi, dan aspirasi antara ketua RW sebagai pengguna awal. Hal itu difokuskan karena ketua RW bisa menjadi simpul utama dalam penyebaran informasi terkait program pemerintah. Hingga pada tahun 2022, Sapawarga dirilis secara publik sehingga dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

Ia menjelaskan, aplikasi ini mengintegrasikan berbagai layanan publik Jawa Barat ke dalam satu platform, mulai dari informasi hingga transaksional. Beberapa fitur yang telah tersedia di dalamnya adalah pembayaran pajak kendaraan, lowongan pekerjaan, perizinan usaha, pembelian tiket wahana publik, pendidikan, kesehatan, kegiatan RW, dan berita terkini terkait Jawa Barat.

“Sapawarga Jabar Super Apps juga berhasil menyederhanakan proses transaksional di layanan publik, seperti pembayaran pajak kendaraan yang sebelumnya membutuhkan 17 langkah, tetapi melalui Sapawarga, cukup dilakukan dalam 4 langkah saja,” terang dia dalam keterangannya, Minggu (27/8/2023).

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut