get app
inews
Aa Read Next : Kemenag Catat 16 Ribu Jemaah Haji Asal Jabar Didominasi Lansia

Berkat Sapawarga, Pelayanan Publik di Jabar Kian Terintegrasi

Minggu, 27 Agustus 2023 | 21:54 WIB
header img
Dewan Eksekutif Tim Akselerasi Pembangunan Provinsi Jabar, Juwanda. Foto: Istimewa

Data menunjukkan bahwa sebanyak 1.905.688 keluarga telah menerima manfaat bansos bagi masyarakat terdampak covid selama tahun 2020, setelah ketua RW berhasil melakukan verifikasi data dengan lebih efisien melalui aplikasi ini.

Selain itu, pada saat terjadi kelangkaan minyak goreng di tahun 2022, program Pemirsa Budiman telah memberikan manfaat bagi 118.135 keluarga. Masyarakat melalui ketua RW melakukan pemesanan minyak goreng bersubsidi secara online dan langsung dikirim ke rumah masing-masing warga dalam rangka mengurangi kerumunan terutama dalam masa pandemi Covid-19.

Implementasi Sapawarga Jabar Super Apps memberikan dampak positif dalam meningkatkan aksesibilitas layanan publik di Jawa Barat. Setidaknya terdapat 126.745 masyarakat yang telah mengakses Sapawarga dengan 62.960 monthly active user.

“Masalah akses yang sebelumnya meresahkan masyarakat Jawa Barat, kini telah diatasi melalui Sapawarga Jabar Super Apps. Sebelumnya, banyak organisasi penyedia layanan publik yang membangun aplikasi sendiri dengan standar yang berbeda, tanpa adanya integrasi dan berbagi data,” terang dia.

“Hal ini mengakibatkan pengguna harus melalui tahapan yang berulang di setiap aplikasi yang mereka gunakan. Namun, kini Sapawarga mengintegrasikan berbagai layanan publik Jawa Barat menjadi satu aplikasi yang menyediakan fitur dari mulai informasi, layanan interaktif, hingga layanan transaksional,” Juwanda melanjutkan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut