get app
inews
Aa Read Next : 1.500 Anggota Serikat Buruh Berdialog dengan Pemkot Bandung di Momen May Day

Mulai Oktober, Pemkot Bandung Bakal Terapkan Inovasi Wolbachia untuk Cegah DBD

Selasa, 29 Agustus 2023 | 16:11 WIB
header img
DBD. (Foto: DOK.iNews.id )

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menerapkan inovasi bakteri wolbachia dalam menekan kasus demam berdarah atau DBD di Kota Bandung.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes), selama tahun 2022 terdapat 5.205 kasus DBD di Kota Bandung. Jika dibandingkan dari Januari-Juli tahun 2023, kasus DBD turun menjadi 1.281 kasus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Bandung, Ira Dewi Jani menyebutkan, trennya dari Januari ke Juli semakin menurun. Bahkan, jika dibandingkan per bulan yang sama di tahun 2022, kasus pun lebih sedikit untuk saat ini.

"Barangkali karena upaya yang dilakukan. Tapi kalau melihat upaya-upaya tersebut, sebetulnya tidak ada yang berbeda signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mungkin juga karena musim panas, sehingga tidak ada genangan air," ucap Ira, Selasa (29/8/2023).

Untuk semakin menekan kasus DBD, rencananya mulai bulan Oktober ini, Pemkot Bandung akan mengimplementasikan inovasi bakteri wolbachia ke dalam telur-telur nyamuk Aedes aegypti. Upaya ini baru akan diujicobakan di Kecamatan Ujungberung terlebih dulu.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut