get app
inews
Aa Read Next : Tahun Ini, Jemaah Haji Jabar Dipastikan Berangkat dari BIJB Kertajati

Skripsi Bukan Lagi Syarat Kelulusan, Kampus di Jabar Diminta Jalankan Permendikbudristek 53/2023

Rabu, 30 Agustus 2023 | 13:53 WIB
header img
Skripsi berdasarkan aturan Permendikbud 53/2023 tidak lagi jadi syarat tugas akhir. Foto ilustrasi: Freepik

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Seluruh kampus di Jawa Barat diimbau untuk menjalankan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Aturan yang baru diterbitkan ini membuat skripsi tidak lagi menjadi syarat kelulusan untuk mahasiswa strata satu atau S1. Oleh karenanya, kampus di Jabar harus menyesuaikan dengan aturan baru itu.

"Kampus tentu silahkan melakukan penyesuaian. (Aturan) Ini langsung bisa diterapkan karena sudah peraturan menteri," ujar Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, M. Samsuri saat dihubungi, Rabu (30/8/2023).

Dijelaskan Samsuri, kampus nantinya bisa mengganti syarat kelulusan itu dengan sebuah projek sesuai kemampuan dari mahasiswa. Dengan demikian, kampus tidak bisa menetapkan skripsi sebagai syarat utama.

"Tugas akhir tetap ada. Bisa dalam bentuk karya tulis namanya skripsi boleh, karya tulis jurnal boleh, karya tulis dalam bentuk lainnya, misal, project membangun desa atau dalam bentuk project yang itu sesuai dengan passion kekuatan mahasiswa," jelas Samsuri.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut