get app
inews
Aa Read Next : Turun Lagi, Ini Daftar Harga BBM Pertamina Terbaru per 2 Januari 2024 di Jawa Barat

Pertamina Usul Pertalite Dihapus Tahun Depan, Diganti Pertamax Green 92

Kamis, 31 Agustus 2023 | 11:21 WIB
header img
Pertamina Usul Pertalite Dihapus Tahun Depan. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - PT Pertamina (Persero) mengusulkan untuk menghapus bahan bakar mesin (BBM) jenis Pertalite mulai tahun depan. Nantinya, BBM bersubsidi tersebut akan digantikan dengan Pertamax Green 92.

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, Pertamax Green 92 merupakan campuran setara Pertalite dengan etanol sebanyak 7 persen sehingga Research Oktan Number (RON) akan naik dari yang semula 90 ke 92.

"Sehingga nantinya tahun depan hanya akan ada 3 produk, yaitu Pertamax Green 92 dengan campuran RON 90 dengan 7 persen etanol yang kita sebut E7. Kedua, Pertamax Green 95, yaitu percampuran Pertamax dengan 8 persen etanol, dan ketiga Pertamax Turbo," ucap Nicke saat rapat bersama Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Rabu (30/8/2023).

Berdasarkan aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan, bahwa BBM yang boleh dijual di Indonesia sejatinya paling minim, yakni bensin kualitas oktan 91.

"Jadi itu sudah sangat pas, dari aspek lingkungan. Kedua mandatori bioetanol, bioenergi bisa kita penuhi dan ketiga kita menurunkan impor gasoline," ungkapnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut