get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini Kemenag Bakal Umumkan Hasil Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1445 H 

Ibadah Haji 2024, Kemenag Bakal Coret Penyedia Katering yang Tak Pakai Produk Indonesia

Jum'at, 08 September 2023 | 16:29 WIB
header img
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief (kanan). Foto: Kemenag

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief akan mengoptimalkan penggunaan produk Indonesia dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengharuskan penggunaan produk Indonesia dalam penyediaan katering jemaah haji.

Menurutnya, biaya haji sangat besar mencapai Rp19 triliun di setiap musim. Salah satu kebutuhan yang sangat besar adalah dalam penyediaan katering jemaah haji, sekitar Rp2 triliun. Karenanya, perlu dilakukan kontrak kerja sama yang setara dan saling menguntungkan, mutual and equal partnership.

"Dapur penyedia katering kita dorong untuk menggunakan sebanyak mungkin produk Indonesia. Coret dapur yang tidak mau menggunakan produk Indonesia," ucap Hilman dalan Rakernas Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H/2023 M di Bandung, Kamis (7/9/2023).

"Dapur yang sudah bagus, cek dan perpanjang. Dapur yang tidak kooperatif, tidak mau beli produk kita, coret saja," sambungnya.

Hilman mengatakan, mengoptimalkan penggunaan produk Indonesia dalam penyelenggaraan ibadah haji harus terus diperjuangkan. Secara bertahap, hal itu sudah mulai dilakukan dan harus terus ditingkatkan.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut