get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Makasar Siapkan Transportasi Canggih LRT Metro Kapsul untuk Urai Kemacetan

Kajian LRT Bandung Raya Dipercepat, Rutenya dari KBB hingga Sumedang

Senin, 02 Oktober 2023 | 11:42 WIB
header img
Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya. (Foto: bandung.go.id)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat akan segera menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait Light Rail Transit (LRT) di kawasan Bandung Raya.

Kepala Dishub Jawa Barat, A. Koswara mengatakan, studi awal LRT sudah dilakukan dari pihak Bank Dunia. Adapun LRT sendiri nantinya akan dibuatkan jalur baru.

"(Kajian) LRT ini mau dipercepat. Studi awalnya itu sudah dilakukan oleh World Bank. Itu ada enam koridor. Dua koridor prioritas itu mau dibantu oleh Kementerian Keuangan untuk pembiayaan sampai Detail Engineering Design (DED)," ucap Koswara, Senin (2/10/2023). 

Koswara menilai, proses pembuatan LRT akan memakan waktu yang lama dengan biaya yang tergolong besar. Sebab, transportasi publik ini akan menghubungkan dari ujung Bandung Raya hingga Kabupaten Sumedang.

"Nah yang harus dicari solusinya itu nanti untuk pembangunannya, pembiayaannya, pembiayaan konstruksinya. Ini masih kita bahas. Mudah-mudahan dengan arahan Presiden seperti kemarin, ini mau dibangun APBN untuk konstruksinya," ungkapnya. 

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut